Wabup Toba : Laporkan Apabila Terdapat Penerima Bantuan yang Menyalahi Aturan

Wabup Toba : Laporkan Apabila Terdapat Penerima Bantuan yang Menyalahi Aturan

“PNS, TNI, Polri, Perangkat Desa, dan Penerima Pensiun tidak boleh menerima yang namanya bansos selama pandemi covid-19, jikalau di antara mereka ada yang tercatat sebagai penerima bansos, segera laporkan kepada kepala desa, camat, polisi, TNI, bila perlu kepada pemerintah daerah, agar segera ditindaklanjuti,” kata Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus.

Hal tersebut disampaikan pada saat penyerahan bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD) tahap pertama kepada 100 kepala keluarga (KK) di halaman balai desa Natolutali, Kecamatan Silaen, Sabtu 30 Mei 2020. Bantuan akan diserahkan sebanyak 3 kali dalam tempo 3 bulan dengan total nilai Rp1.800.000,- setiap KK penerima.

“Untuk mendata penerima bansos yang diterima masyarakat saat ini, pemerintah harus berjibaku untuk membuat daftar nama penerima, siapa saja yang dapat menerima, memeriksa data agar jangan double dan membuat usulan ke pusat, jadi saya harap dukungan Bapak dan Ibu kepada kami pemerintah agar kami mampu menyelesaikan data-data ini dengan baik,” kata Hulman Sitorus.

Wakil bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah akan segera menyosialisasikan sistem New Normal (perilaku pola hidup baru) dalam menghadapi pandemi covid-19, artinya setiap akan melakukan aktivitas, masyarakat diharapkan selalu memerhatikan anjuran pemerintah, protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan dan mandi setelah beraktifitas di luar ruangan.

Pada kegiatan selanjutnya di Desa Sampuara Kecamatan Uluan, wakil bupati juga menyerahkan BLTDD kepada 68 KK penerima bantuan.

Di sana, Hulman juga mengimbau masyarakat agar selalu bersyukur dan jangan bersungut-sungut atas apa yang sudah diberikan oleh pemerintah. “Ciri-ciri bangsa yang maju adalah mau mensyukuri atas apa yang dia terima. Biarlah kami pemerintah yang memikirkan bagaimana menindaklanjuti pandemi covid-19 ini, Bapak dan Ibu sekalian cukup bekerja, bersyukur dan berdoa,” katanya.

Seusai penyerahan BLTDD di Desa Sampuara, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Toba, Ny. Iin Ruinah Hulman Sitorus, memberikan makanan tambahan kepada para lansia dan beberapa siswa sekolah dasar yang hadir dalam acara tersebut.