WABUP HULMAN SITORUS KUNJUNGAN KERJA KE DESA LUMBANGAOL , KECAMATAN BALIGE

WABUP HULMAN SITORUS  KUNJUNGAN KERJA KE DESA LUMBANGAOL , KECAMATAN BALIGE

Balige, MC Tobasa- Wakil Bupati (Wabup) Tobasa Hulman Sitorus melakukan kunjungan kerja ke Desa Lumbangaol Kecamatan Balige, dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan Pemerintahan Desa yang dipusatkan di Balai Desa Lumbangaol , Jumat (11/10/2019).

Kedatangan Wabup Hulman disambut tokoh  masyarakat  Robinson Tambunan, Kepala Desa, Sekdes, Perangkat Desa, Para Lansia dan masyarakat.

Wabup Hulman menjelaskan begitu cepat arus perubahan, akibat kemajuan teknologi. Banyak Inovasi yang  diperlukan, dan minta harus merubah cara berpikir, cara kerja, harus bisa berdaya saing tinggi, juga menekankan kepada pengurus  Bumdes supaya pengadaan barang yang efisien dan berkreasi, termasuk dalam penghidangan makanan lokal yang dijual , harus bersih, dan pelayanya ramah.

Lanjut Wabup Hulman juga menekankan bahwa  para wisatawan yang datang selalu minta yang nyaman, tak perlu rumit, pastikan keamanan, Demikian juga home stay harus bersih untuk kenyamanan parawisata.

Wabup juga minta supaya dibentuk sanggar seni desa, kursus bahasa Inggris. selanjutnya tokoh masyarakat Robinson Tambunan langsung merespon bahwa tahun ini akan dilaksankan kursus bahasa Ingris untuk masyarakat.

Wabup sangat mengapresiasi pernyataan tokoh masyarakat Robinson mengatakan Desa Lumbangaol melayani para wisatawan  selalu menyenangkan baik  dari sarana hiburan dan maupun pelayanan penjualan kuliner yang bisa memanjakan para wisatawan, selanjutnya Wabup minta  perlu dibentuk grub tortor,  klub olahraga, ini juga dapat bertujuan  mencegah anak-anak dari kenakalan remaja dan dapat  memiliki kegiatan yang positif.

“Juga mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak, ” Uang negara ini berasal dari pajak masyarakat, dan dikembalikan kembali ke rakyat melalui dana anggaran”.

Wabup juga menyinggung soal pemakaian PKH untuk dipergunakan seperlunya, dan dibelanjakan untuk yang penting misalnya kebutuhan hidup sehari -hari , sekolah dan kesehatan.

“minta OPD terkait menindaklanjuti kunjugan kerja dan tatap muka bersama warga ini, dimana tahun depan Desa Lumbangaol dapat bersaing di tingkat nasional.

Selanjutnya  Wabup Hulman minta supaya  Dana yang bergulir di desa ini harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan juga berpesan kepada warga untuk bertani padi sawah 3 kali dalam 2 tahun.

Kepada Kepala Desa, Sekretaris Desa Perangkat Desa dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Wabup Hulman Berpesan bahwa semua dana yang dipergunakan harus bisa di pertanggungjawabkan, baik secara administrasi dan juga transparansi, selanjutnya  diakhir acara Wabup  memberikan hadiah kepada satu orang ibu lansia yang dapat meniru gaya  tepuk tangan.

Sebelumnya Kepala Dinas PMD dan PPA Henry Silalahi menjelaskan, bahwa desa ini adalah desa pavorit. Memuji bahwa aparat dan warga kalau di undang selalu siap.

” minta pengelolaan Pantai  wisata sumset beet yang telah mendapat prioritas para pengunjung perlu di tingkatkan ”

Selanjutnya Kadis Henry juga menceritakan hasil Pemeriksaan Kemendes, bahwa Desa Lumbangaol cukup diapresiasi dengan baik. Desa ini dari IDM  telah menjadi Desa Maju. Untuk itu Kadis Henry berharap bahwa desa ini mau berbagi  pengalaman dengan desa lain.

Selanjutnya Kadis Henry juga minta warga menjadi pelayanan masyarakat, dan ramah terhadap pengunjung, demikian juga para pengurus Bumdes supaya mencatat berapa orang pengunjung yang datang, sebagai data untuk pengembangan kedepan. Dan juga prioritas lain termasuk lapangan bola sebagai bentuk pencegahan kenakalan remaja sehingga kegiatanya positif.

Terhadap kelompok  yang ada supaya seiring sejalan untuk mendapatkan PAD Desa untuk kepentingan masyarakat.

Kadis Henry juga minta semua warga untuk selalu belajar, bahwa tahun  2020  Tobasa akan mendapatkan penyetaraan Siltap artinya gaji perangkat desa setara dengan golongan 2, pungkasnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Perindagkop Marsarasi Simanjuntak,  tujuan ke tiga lembaga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun Pemdes harus bisa menata, membagi usaha yang ada di desa ini.

“minta kelompok usaha masyarakat juga membuat usaha baru misalnya mesin pemipil jagung.

“kios produk pariwisata ,harus ada pasar. Tadi data sudah ada 3000 orang pengunjung, ini menjadi pasar besar “.

Pentingnya kerjasama dengan kios  dipariwisata dan produk desa lain bisa di jual di desa ini karena desa ini telah menjadi desa pariwisata, dan juga perlunya kemasan dan desain yang menarik.

selanjutnya Kadis Marsarasi memuji kepemimpinan kades ,Sekdes dan Juga pengurus Bumdes, yang bekerja dengan transparansi, Imbuhnya.

Camat Balige Pantun Pardede, memuji Desa Lumbagaol sangat tertib administrasi. Minta para Aparatur Desa bekerja untuk meraih yang terbaik walaupun sudah desa maju namun jangan terlena, masih ada peringkat yang harus di kejar yaitu desa mandiri, untuk itu tetaplah bekerja.

“Bumdes Pariwisata melakukan evaluasi dirinya, apakah dana desa yang dipakai bumdes harus mempunyai makna untuk kesejahteraan masyarakat.

Camat Pantun  juga melaporkan kepada Wabup bahwa didesa ini ada 2 orang yang mengalami gangguan stunting dan telah mendapat penanganan dari Puskesmas Tandangbuhit.

Sebelumnya Kepala Desa  Lumbangaol Edwart Tambunan menjelaskan bahwa acara ini sangat mendadak namun masyarakat cepat datang ke kantor desa, untuk menyambut kehadiran wabup.

” jenis-jenis usaha yang dikelola  warga dengan Pemdes adalah  8 kelompok Simpan Pinjam Kelompok Perempuan yang  telah memiliki dana sebesar 80 juta hingga 300 jt perkelompok, 3 buah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan, Kelompok Tani 3 buah, 2 buah Sanggar Seni, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dengan usaha Pembuatan keripik andaliman, sasagun 4 rasa, keripik ubi, stola, pembuatan tempat tissu dari ulos, Penyirat ulos 1 orang, BUMDES Marsingati memiliki 3 unit usaha (Unit Pariwisata, Unit Pertanian, Unit Simpan Pinjam), Koperasi Pariwisata.

Sedangkan Prestasi yang di raih adalah Sukses Story Dana Desa  2017 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia,  Juara 1 best practice Pengelola PAUD tahun 2016, 2017, 2018 se-Kabupaten Tobasa, Juara 2 best practice pengelola PAUD tahun 2018 se Sumatera Utara,  Juara 1 lomba kebersihan se wilayah pinggiran Danau Toba, Juara 1 lomba germas se kabupaten Tobasa, Juara 2 turnamen sepak bola raja marsingati cup 1 thn 2017, Juara 1 turnamen bola marsingati cup 2 tahun 2018, Juara 2 turnamen sepak bola se Kecamatan Balige tahun 2019 dan Juara 2 lomba masak kreatif makanan berbahan ubi se Kecamatan  Balige, (MC Tobasa)