WABUP HULMAN SITORUS BUKA PELATIHAN PENCEGAHAN STUNTING DI SIBADIHON

WABUP HULMAN SITORUS BUKA PELATIHAN PENCEGAHAN STUNTING DI SIBADIHON

Bonatualunasi, MC Tobasa- Wakil Bupati (Wabup) Toba Samosir (Tobasa) mengunjungi Desa Sibadihon dalam rangka membuka acara pelatihan pencegahan stunting yang dilaksanakan oleh pemerintah desa bertempat di halaman kantor kepala desa  hari kamis (10 /10/2019). Peserta pelatihan diikuti lsebanyak 30 orang yang terdiri dari ibu hamil, kader posyandu dan wanita yang akan berumah tangga.

Narasumber  pada pelatihan ini berasal dari Dinas kesehatan dan UPT Puskesmas Lumbanlobu.

Kepala Desa Sibadihon, Richard Sirait. melaporkan kegiatan penggunaan Dana Desa dan yang sudah dicapai  oleh pemerintah desa. Pelatihan ini salah satu program kerja desa  yang dananya bersumber dari dana desa tahun 2019.

Lebih lanjut Kades Richard, Ada beberapa permasalahan yang dihadapi diantaranya yaitu belum ada Kantor Kepala Desa disebabkan lahan belum ada, Perlunya pelatihan untuk peningkatan SDM Aparatur desa,  kurangnya kemampuan para penyuluh perikanan karena pada tahun  2018 banyak ikan yang sakit dan mati.

Wabup Hulman Sitorus ,sangat senang dengan laporan yang disampaikan oleh Kepala desa. Wabup menyampaikan ” kita harus bergerak cepat menyongsong perubahan, para aparatur desa harus dilatih dan dibekali dengan pelatihan-pelatihan agar mampu melayani masyarakat dan mampu membuat pelaporan yang efektif”.

Lanjut Wabu Hulman, berharap penggunaan  dana desa harus mampu  membawa manfaat bagi masyarakat dan minta Bumdes bekerja dengan baik untuk mampu meningkatkan pendapatan desa, pungkasnya.

Sementara Kadis PMD Henri Silalahi menyampaikan  kita harus berbangga hati karena Wabup memilih desa Sibadihon untuk dikunjungi.  kita juga meminta agar Wabup memberikan arahan kepada masyarakat untuk memotivasi dan memberikan arahan kepada kita untuk menuju perubahan yang lebih baik.

Lanjut Kadis Hendri, agar masalah-masalah yang dihadapi di desa ini dapat di koordinasikan dengan OPD terkait agar masalah ini dapat diselesaikan secepatnya, Tuturnya.

Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, menyampaikan Dinkes melalui Puskesmas, Bidan desa, langsung turun  mengecek  keadaan kesehatan masyarakat yang ada di kecamatan Bonatua Lunasi khususnya di Desa Sibadihon.

Kadis Juliwan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala desa karena sudah menyisihkan sebagian daripada dari dana desa untuk melaksanakan kegiatan pelatihan pencegahan stunting. dengan ada kegiatan seperti ini Dinas Kesehatan akan dengan cepat berkoordinasi dengan Pemerintah desa dan Puskesmas setempat ujarnya mengakhiri (MC Tobasa)