Wabup Hulman Sitorus Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Dan Eks Trauma

Wabup Hulman Sitorus Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Dan Eks Trauma

Porsea, Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hulman Sitorus menyerahkan alat bantu bagi 40 orang  penyandang disabilitas dan eks trauma di Aula Sanggar Kegiatan Belajar , Porsea, Tobasa, Selasa (10/7).

Sebelumnya Wabup Hulman Sitorus didampingi Kadis Sosial Tobasa dr.Raja Ipan Sinurat, dan Camat Porsea Robert Manurung berjalan menemui semua peserta. Ia menyapa dan menyalami satu per satu.

Selanjutnya untuk lebih tahu dan mengenal , Wabup Hulman Sitorus juga membacakan nama-nama peserta.

Hulman Sitorus menyebutkan pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih kepada warga khususnya penyandang cacat (disabilitas) dan eks trauma sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan atau kondisi warga tersebut.

“Kita tidak ingin hal seperti ini (disabilitas) terjadi kepada siapapun ,kita terus berupaya kehidupan warga ini lebih baik,jangan dipersulit,”kata Wabup Tobasa ini.

Ia juga menekankan supaya dinas yang terkait  dengan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial supaya memberikan perhatian yang sama disesuaikan dengan kondisinya.

“ Ini supaya betul negara hadir di tengah-tengah masyarkat, apalagi yang berkekurangan,” kata Hulman Sitorus.

Sebelumnya Kadis Sosial Raja Ipan Sinurat  menyampaikan bentuk program ini dan berharap penerima bisa memanfaatkan bantuan secara maksimal untuk meningkatkan taraf hidup.

Bantuan yang diberikan berupa 20 kursi roda untuk penyandang tuna daksa, 20 tongkat untuk penyandang tuna netra, dan kepada Dame Tambunan ,seorang warga yang menderita trauma kekerasan juga diberi bantuan uang Rp.4.900.000,-

Turut hadir para keluarga penerima bantuan, petugas Pendamping Sosial Program Keluarga harapan Se- Tobasa , sejumlah kepala desa, camat dan pejabat lainnya.

Seusai acara ini, Wabup Hulman Sitorus didampingi Kadis Sosial dr.Raja Ipan Sinurat, Camat Siantar Narumonda Lahsa Simanullang, Kades Narumonda V Fernando Marpaung dan sejumlah staf mengunjungi Ibu Rumah Tangga Rezeki Marpaung (36) warga Narumonda V yang menderita sakit lumpuh sejak 5 tahun silam. Wabup Hulman Sitorus memberikan semangat dan bantuan kepadanya. Buku Tulis juga diberikan kepada dua anak Rezeki Marpaung yang kini dirawat oleh ibu kandungnya.   ( MC Tobasa/rait/rik )