Wabup Hulman Dorong Dana Desa Gurgur Aek Raja Fokus Pemberdayaan Warga

Wabup Hulman Dorong Dana Desa Gurgur Aek Raja Fokus Pemberdayaan Warga

Kunjungan kerja ini untuk memastikan pelaksanaan pembangunan di Desa Gurgur Aek Raja berjalan dengan baik, terarah, transparan dan bermanfaat untuk masyarakat sehingga kesejahteraan warga dapat terangkat.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Toba Samosir (Toba) Hulman Sitorus dalam Kunjungan kerja (Kunker) di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan,Kabupaten Toba, bertampat , Kamis (31/10/2019).

Selanjutnya, Wabup Hulman mengatakan pemanfaatan Dana Desa (DD) harus fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa.

“Disini telah berdiri Bumdes Toko Tani, juga kita dorong agar pengelolaannya sehat dan harus bisa bersaing di pasar, oleh sebab itu manajemen dan sumber daya manusia kita tingkatkan,” jelasnya.

Sementara Plt. Kepala Desa Gurgur Aek Raja yang juga Sekretaris Desa Erikson Simanjuntak dalam paparannya mengatakan Desa Gurgur Aek Raja mempunyai Bumdes Toko Tani yang telah disertakan modal dari Dana Desa sebesar Rp. 100 Juta.

Disebutkan, Desa Gurgur Aek Raja terdiri dari 4 dusun dan jumlah penduduk 1459 jiwa yang terdiri dari 752 laki-laki, 708 perempuan dan pelaksanaan pembangunan tahun ini sudah mencapai 75%.

“Rehab irigasi dan pembukaan jalan 1730 meter, pembuatan gorong-gorong 4 buah dan yang belum terlaksana pengaspalan jalan menuju Sibodiala – Batu Lahat,”kata Erikson menjelaskan.

Dalam Kunker dilakukan juga tanya jawab antar pemerintah dan masyarakat disertai dengan pencerahan dan motivasi Wabub Hulman yang berjalan dengan baik.

Turut hadir Plt. Kadis Pariwisata yang juga Assisten II Setdakab Tobasa Jhon Piter Silalahi, Kadis PMDPPA Henry Silalahi, Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea, Kadis Sosial Raja Ivan Sinurat, Camat Tampahan Freddy Panjaitan, perwakilan OPD, Bidan desa, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Perangkat fesa, BPD Gurgur Aek Raja, dan warga setempat. (MC Tobasa jp/rik)