TP PKK PROVINSI SUMUT MONITORING DESA BINAAN DI TOBASA KATEGORI IVA TEST

TP PKK PROVINSI SUMUT MONITORING  DESA BINAAN DI TOBASA KATEGORI IVA TEST

Hutanamora, MC Tobasa- Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) yang dipimpin Ny. Ernawati bersama Mega, Roslina  staf pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumut  didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa Ny. Iin R Hulman Sitorus mengunjungi sekaligus monitoring Desa binaan  kabupaten Tobasa kategori IVA Test tahun 2019  di Desa Hutanamora  Kecamatan Balige , Jumat (9/8/2019).

Kedatangan Tim PKK Provinsi Bersama  Ny. Iin R Hulman Sitorus disambut Camat Balige Pantun Pardede, Kabid P2P Dinas Kesehatan Tiurminta Hutagaol , Kepala Puskesmas Tandang buhit Balige dr. Freddy Sibarani , Kepala Desa Jupri Simangunsong, Ketua BPD  Aman Simangunsong bersama anggota BPD lainnya, warga masyarakat ,  para lansia disambut dengan tarian para ibu-ibu PKK, dan senam  grup lansia  “Jeges ” menambah suasana begitu riuh dan gembira.

Usai senam Tim PKK Provinsi Sumut didampingi Ny Iin R Hulman Sitorus, Pantun Pardede, dr Freddi Sibarani, Tiurminta Hutagaol secara spontan menyalami para lansia , seraya mengucapkan lansia tetap sehat dan berkarya.

Ketua TP PKK Provinsi Sumut yang diwakili ketua Pokja IV Ny. Ernawati mengatakan      Sebelum melaksanakan monitoring ini , seluruh TP PKK Provinsi Sumut  telah melaksanakan monitoring di 33 kabupaten/Kota.

TP PKK Provinsi saat ini melaksanakan monitoring yang merupakan rangkaian kegiatan  dalam membangkitkan semangat melalui koordinasi dan keterpaduan lintas sektoral terkait mitra sejajar PKK dalam mengisi pembangunan di segala bidang.

Ditahap monitoring ini tim akan melihat secara langsung tingkat perkembangan desa yang menjadi binaan Kabupaten , dan di harapkan seluruh kader dapat mewujudkan kesiapan dan kemampuan sehingga  nantinya akan mencapai keberhasilan bagi seluruh tingkat kelompok dari desa dasawisma yang tentunya dapat mengharumkan nama baik kabupaten Tobasa.

” Pada kesempatan ini ,saya  menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada kabupaten/kota yang telah mendapat nominasi nasional yang telah diperifikasi ditingkat nasional , mudah- mudahan Tobasa dapat membawa nama harum Sumut tahun 2019 dengan memenangi lomba ini, dan berharap  seluruh kabupaten/kota Sumut  dapat mengikuti jejak Kabupaten yang lain penerima penghargaan nasional”

“Jangan salah, semuanya sama, laporan kalau belum lengkap bisa diperbaiki , dan ada yang kurang,  bisa menyusul tentu dengan batas waktu yang ditentukan”.

” juga menyampaikan bahwa    tanggal 22-24 Agustus 2019 TP PKK Provinsi akan mengadakan Jambore kader PKK, sangat  berharap seluruh ketua TP PKK yang ada dikabupaten/kota untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan mempersiapkan kader-kadernya untuk bertanding sesuai dengan kategori lomba yang nanti disampaikan TP PKK Provinsi, Kata Ny Ernawati Mengahiri.

Bupati Tobasa dalam sambutanya yang dibacakan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Tiurminta Hutagaol, mengatakan bahwa kehadiran PKK dengan 10 programnya secara berkesinambungan dan sinkron dengan program pemerintah akan mempercepat pembangunan pedesaan yang akan mencapai tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat mandiri yang merencanakan dan melaksanakan sendiri pembangunan desanya dengan kata lain Desa membangun.

” Bupati sangat berharap agar semua pihak mengunakan kesempatan kedatangan Tim TP PKK Provinsi  untuk menggali pengetahuan dan informasi penting guna menyempurnakan pembenahan desa -desa yang diperlombakan”

“walaupun tujuan perlombaan desa binaan ini bukanlah merebut juaranya tetapi yang terpenting damai sejahtera adalah cita-cita bersama, pembinaan revolusi mental, pembenahan serta pemamfaatan fisik desa dilaksanakan secara terus menerus, dan tidak kala penting kebersihan lingkungan menjadi hal yang terpenting, kata Bupati menghimbau.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa Ny Iin R Hulman Sitorus melaporkan bahwa pengurus TP PKK Kabupaten Tobasa bersama instansi terkait pada tahun 2018 telah melaksanakan evaluasi pada desa binaan kecamatan (tiap kecamatan memiliki 2 desa binaan ditambah satu kategori PTP2WKSS), dan dari hasil evaluasi ditetapkan juara-juara untuk masing-masing kategori dan  telah ditetapkan menjadi desa binaan TP PKK Kabupaten dan selanjutnya  mengikuti lomba ditingkat Provinsi Sumut dari berbagai kategori yaitu Desa Doloksaribu-Lumbannabolon Kecamatan Uluan mengikuti lomba kategori tertib administrasi, Desa Dolok Nauli  Kec. Parmaksian mengikuti lomba kategori Polah Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Cintah kasih, Desa Silamosik II Kec. Bonatualunasi mengikuti lomba  Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Desa Silamosik I Kec.Porsea mengikuti lomba kategori Hatinya PKK, Desa Hutanamora  Kec.Balige mengikuti lomba kategori IVA TEST ,dan Desa Sampuara Kec. Uluan mengikuti lomba Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS).

” selanjutnya berharap bimbingan, arahan dan penjelasan terkait dengan pembinaan pelaksanaan lomba kategori  IVA Test sehingga Desa binaan Kabupaten ini bisa menjadi lebih mengerti dan dapat menjadi yang terbaik di Provinsi Sumut”, Kata Ny Iin mengahiri dengan penuh harap.

Camat Balige Pantun Pardede menyampaikan pentingnya masyarakat mengetahui makna kesehatan melalui program IVA Test,  yang  telah disosialisasikan secara bergeriya dari door to door, kepada semua ibu-ibu PUS (Pasangan Usia Subur).

” Desa Hutanamora ini telah berhasil,  seluruh PUS telah 100% di periksa melalui program IVA Test dan tugas selanjutnya  program  ini dapat ditularkan ke desa tetangga melalui kerjasama Dinas kesehatan dengan Pemerintahan desa, ungkap camat Pantun Mengahiri.

Kepala Desa Hutanamora Justin Simangunsong  saat menerima Tim PKK Provinsi didampingi Ketua TP PKK Desa Hutanamora mengatakan kesiapannya  menerima kunjungan TP PKK Provinsi Sumut dalam kategori IVA TEST, sebagai desa binaan kabupaten  Tobasa.

” masyarakat yang mayoritas berpenghasilan petani, dan penduduknya hanya ada 4 orang PNS, bermohon perhatian TP PKK Provinsi memberikan sumbangsih dan pencerahan mengenai lomba yang akan di ikuti.

” Juga menyampaikan  bahwa masyarakat telah banyak mendapat  arahan dari tim PKK Kabupaten , Puskesmas sehingga masyarakat dapat menyadari pentingnya kesehatan, selanjutnya disampaikan  jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) sebanyak 59 orang dan seluruhnya  100% telah melaksanakan pemeriksaan IVA TEST dan  berharap Desa Hutanamora  bisa menjadi desa binaan Propinsi Sumut. Kata Jupri mengahiri.

 

Selanjutnya atas Undangan kepala Puskesmas Tandan Buhit Balige dr. Freddy Sibarani seluruh tim TP PKK Provinsi mengunjungi kantor  Puskesmas  untuk melihat kesiapan para tenaga medis dan peralatan yang dimiliki dalam melayani pemeriksaan IVA Test kepada para Pasangan Usia Subur dan juga layanan lainnya. (MC Tobasa).