TP PKK PROVINSI SUMUT MONITORING DESA BINAAN DI TOBASA KATEGORI UP2K DAN PAAR

TP PKK PROVINSI SUMUT MONITORING DESA BINAAN  DI TOBASA KATEGORI  UP2K DAN PAAR

Tobasa,  MC Tobasa- Tim TP PKK Provinsi Sumut dan Ketua Tim Penggerak PKK  Kabupaten Toba Samosir Ny.  Brenda Ritawati Darwin Siagian melakukan monitoring ke desa binaan kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK di Desa Silamosik II Kecamatan Bonatualunasi,  Jumat(9/8/2019) bertempat  Dusun II Lumbanrihit.

Ny Brenda  mengatakan, UP2K  PKK Desa Silamosik II adalah desa binaan Kabupaten kategori UP2K yang ikut di perlombakan ke tingkat Provinsi Sumut tahun 2019 dan UP2K merupakan program unggulan PKK kabupaten Tobasa  yang  bertujuan menambah pendapatan keluarga melalui ekonomi produktif yang dikembangkan dimasyarakat untuk menambah pendapatan keluarga.

Camat Bonatualunasi Hulman Sitorus mengatakan bahwa UP2K PKK harus ikut ambil peran peningkatan perekonomian keluarga. Di antaranya memanfaatkan  SDM masyarakat dan modal usaha untuk dimamfaatkan kepada usaha produktif.

Kepala Desa Silamosik II Rommel Tua Sitorus kepada MC Tobasa  terkait kedatangan tim monitoring TP PKK Provinsi dan Kabupaten  mengatakan,  bahwa UP2K PKK Desa Silamosik II  adalah upaya membangkitkan perekonomian keluarga  dan telah dirintis beberapa bulan yang lalu dan telah dimulai pembuatan sabun cuci piring merek segar,  pembuatan kripik singkong,  pengrajin pembuatan panggangan,  tenunan ulos sirara,  sisi pinucaan dan dipasarkan kepada warga sekitar dan  para pedagang yang memesan langsung kepada para pengrajin seraya berharap  TP PKK Provinsi dan Kabupaten Tobasa dapat membantu pemasaran produk yang dihasilkan para warga masyarakat.

Usai dari Desa Silamosik II , Selanjutnya TP PKK Provinsi Sumut dan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa  melanjutkan monitoring ke Desa Doloknauli kecamatan Parmaksian.

Desa Dolok Nauli yang merupakan juara 1 PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) Tingkat Tobasa mewakili Kabupaten Tobasa untuk bidang PAAR untuk diperlombakan untuk Tingkat Sumatera Utara.

Rombongan yang dipimpin oleh Yuniar Marpaung yang didampingi Tim PKK Kabupaten Tobasa Ny. Brenda Ritawati Siagian disambut tarian selamat datang oleh Paud Sasapa pimpinan Pandapotan Sirait.

Yuniar Marpaung mewakili Tim PKK Provinsi Sumatera Utara menjelaskan  Pemerintah sangat berkepentingan program PAAR ini lanjut yang bertujuan menghasilkan generasi yang baik di masa mendatang dalam pembentukan mental spritual dan mudah mudahan Tobasa bisa masuk 6 besar.

“Monotoring ini untuk mengambil 6 besar Kabupaten/Kota se Provsu dan kalau masuk 6 besar Tim PKK Provsu akan datang lagi di bulan November/ Desember Tahun ini ke Desa ini” unjarnya.

Ketua Tim PKK Tobasa Ny. Brenda Ritawati Siagian dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini. ” Kepada Camat Parmaksian,Kepala Desa Dolok Nauli, Pokja I binaan Ibu Espon Simanjuntak, Lansia, Pendeta , PT TPl, Pt. Bazra, atas dukungan dan bantuannya” katanya.

Camat Paermaksian Paiman  Butar Butar mengatakan Desa PAAR ditekankan pada pembinaan ini pada anak dan remaja.”Kalau kita hanya menyuruh anak anak   tanpa contoh kita di pelototi tapi kalau kita buat instruksi dan contohdan pendampingan anak itu dapat mengerjakannya jadi berikan contohagar anak dapat meniru kita” ujarnya bersemangat.

Mewakili  PT. Toba Pulp Lestari Jerry Tobing  mengatakan melalui CSR  PT. TPL mendukung Desa Dolok Nauli dengan berbagai kegiatan desa.”Program Kesehatan, Pendidikan dan Investasi Sosial telah kita realisasikan dan TPL sebagai mitra semaksimal mungkin sudah berbuat untuk masyarakat yakni pembangunan Kantor Kepala Desa ,Paud dan dukungan acara ini ” jelasnya.

Kades Dolok Nauli  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim PKK Provsu dan Tim PKK Kabupaten Tobasa di Desanya. “Inilah kami dengan kekurangan dan kelebihan yang ada terima kasih atas kedatangannnya” jelasnya.

Acara ini diselingi tarian, hiburan dan drama yang di inisiasi  PKK Desa Dolok Nauli yang cukup menarik. Pemberian bantuan berupa alat lukis, buku tulis dan boneka mengakhiri acara tersebut. (MC Tobasa)