Tobasa Galakan Tanam Padi Sistem Jajar Legowo

Tobasa Galakan Tanam Padi Sistem Jajar Legowo

Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus bersama Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan  Tobasa, aparat TNI dan warga Desa Siantar Tonga-tonga (STT) 1 Kecamatan Siantar Narumonda melakukan gerakan penanaman padi dengan sistem jajar legowo, Jumat (25/1/2019).

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati menyampaikan bahwa gerakan tanam padi dengan sistem jajar legowo ini bertujuan meningkatkan produktifitas padi. Cara tanam seperti ini dikatakan Wagub merupakan salah satu teknik yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi.

“Selain itu, penanaman padi dengan sistem jajar legowo ini dapat memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian hama pengganggu tanaman,” ujar Wakil Bupati Hulman.

Kegiatan pola tanam jajar legowo ini sebenarnya sudah lama disosialisasikan, namun masih banyak masyarakat yang enggan beralih dari pola lama. “Kiranya dengan terlaksananya kegiatan ini dapat mendorong niat petani dalam menerapkan sistem jajar legowo demi keberhasilan swasembada pangan,” kata Hulman berharap.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Sahat Manullang, mengucapkan terimakasih kepada warga petani yang telah menerapkan penanaman padi dengan sistem legowo selama ini.

“Kami tidak akan letih memberikan  motivasi dan secara fokus membantu petani dalam mewujudkan keberhasilan pangan di daerah ini,” jelas Kadis.

Selanjutnya, Wakil Bupati Tobasa beserta para jajarannya, anggota TNI, Camat Sinar Pintor Pangaribuan, Kepala Desa STT 1 Sangapan Marpaung dan lainnya, bersama sama bertanam padi dengan sistem jajar legowo di sawah milik warga. (MC Tobasa/infopublik.id)