Tobasa Butuh 1.000 Tong Sampah Lagi Atasi Sampah yang Meningkat

Tobasa Butuh 1.000 Tong Sampah Lagi Atasi Sampah yang Meningkat

Balige, InfoPublik – Dalam menangangi persoalan volume sampah yang mengalami peningkatan setiap tahun, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba Samosir masih membutuhkan 1.000 Tong lagi .Secara bertahap  200 unit tong sampah akan dibagikan  ke masyarakat Kecamatan Lumban Julu.

Demikian disampaikan Kadis Lindup Kabupaten Tobasa, Mintar Manurung, Selasa (12/3/2019). Katanya, tong sampah direncanakan akan disebarkan di sepanjang jalan Desa Lumban Julu, Desa Sionggang Utara, Kantor Camat Lumban Julu, Pasar Tradisional Lumban Julu, Desa Aek Natolu Jaya.

“Tong sampah di Kabupaten Tobasa, masih kurang 1.000 unit. Padahal anggaran Dinas Lindup sangat minim, jadi kita berharap perusahaan sekitar dapat memberikan bantuan tong sampah pada tahun ini, dan kita sudah ajukan permohonannya,” ujarnya.

Menurutnya, volume sampah di wilayah Kabupaten Tobasa, setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu kerena semakin tingginya tingkat pengunjung maupun wisatawan ke Kabupaten Tobasa. Setiap hari, volume sampah plastik yang dihasilkan sebesar delapan kubik.

Sampah-sampah yang sudah diangkut, nantinya akan dipilah-pilah berdasarkan kategori organik, non organik dan residu. Dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Tobasa, Dinas Lingkungan Hidup telah bekerjasama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mata Air. (MC Tobasa jmn/rik/toeb)