Tingkatkan Pelayanan dan Transformasi Digital Pemdes, Kemenkominfo Gelar Bimtek Sideka-NG

Tingkatkan Pelayanan dan Transformasi Digital Pemdes, Kemenkominfo Gelar Bimtek Sideka-NG

Untuk meningkatkan pelayanan transformasi digital bagi Pemerintahan Desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menggelar bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Desa dan kawasan- Next Generation (Sideka-NG) untuk perwakilan 4 Kabupaten di Sumatra Utara yakni Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Karo.

Hal itu dikatakan Dwi Elprida Simanungkalit sebagai perwakilan Ditjen Aptika Kemekominfo RI dalam kata sambutannya di acara bimbingan teknis Aplikasi Sistem Informasi Desa dan kawasan- Next Generation (Sideka-NG) yang berlangsung di Hotel Labersa Toba di Balige Rabu,(4/11/2020).

Dijelaskannya kegiatan tersebut merupakan kerjasama KSP (Kantor Staf Presiden) dengan Kemenkominfo RI terutama untuk desa wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Dalam sambutannya Kadis Kominfo Toba Lalo Simanjuntak mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Toba.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan dan peluang yang sangat kita syukuri, untuk Kabupaten Toba dari 231 Desa, dan 13 Kelurahan di Toba hanya 8 Desa di 4 Kecamatan yang mengikuti pelatihan ini jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik,” kata nya berharap.

Diharapkannya lagi, Kemkominfo melalui Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) dapat menyediakan akses internet di 43 Desa di Toba masih yang masih dalam area blank spot.
“Kami sangat mengharapkan di Tahun 2021 Kemkominfo RI melalui Bakti memfasilitasi jaringan internet sebab aplikasi tidak jalan jika tidak ada akses internet,” sebutnya.

Sementara Kadis PMD&PP Kabupaten Toba yang diwakili Sekretaris Dinas Melati Silalahi menjelaskan pasal 86 UU no.6 Tahun 2014 yang menyebutkan desa berhak mendapatkan akses informasi melalui Sistem Informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi desa dan pembangunan kawasan pedesaan.

Hartasia Susan Panadea perwakilan BAKTI Kominfo RI dalam acara itu menjelaskan tentang infografis seputar bakti ,proyek palapa ring, layanan bakti, dan alur penyediaan akses internet. (MC Toba)