AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

TIM SUPERVISI PKK PROPINSI SUMUT KUNJUNGI PKK TOBASA

pkk1
image_pdfimage_print

Tim Supervisi TP.PKK Provinsi Sumatera Utara yaitu M.Nirman Subkhan Nasution, Jonni Siagian ,SH, Siti Endah Maria,Ny Farida Tambunan,Ny Maswidiatun,Asti Rumahorbo,SKM, Ir.Onnarita Saragih,Fatmarizani Basril,SH,Msi, dan Latifa Hanum Siregar,SKM, melakukan kunjungan supervisi desa binaan yang dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Tobasa, Rabu (12-04-2017).

Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan  Dan Perlindungan Anak Tobasa Drs.Wasir Simanjuntak menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim Supervisi PKK Propinsi Sumatera Utara. “Kiranya suasana daerah ini dapat memberi semangat baru dalam pelaksanaan tugas,” kata Bupati Darwin Siagian.

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi, lanjutnya,maka kepada para pelaku pembangunan termasuk TP.PKK dituntut untuk berupaya meningkatkan kualitas diri masing-masing .Moment pertemuan hari ini dapat dijadikan bertukar informasi dan pengetahuan guna menambah ketrampilan dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui program pokok PKK .” Manfaatkanlah kehadian Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara yang saat ini bersama-sama dengan kita untuk menggali berbagai ide-ide penting dalam rangka menyukseskan pembangunan,” sebut Bupati Tobasa.

pkk2Wakil Ketua TP PKK Tobasa Ny Iin Ruinah Hulman Sitorus dalam sambutannya  mengatakan bahwa Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Samosir bersama Instansi terkait pada tahun 2016 telah melaksanakan evaluasi pada desa binaan PKK Kecamatan (tiap Kecamatan memiliki dua desa binaan).Dari hasil evaluasi yang dilaksanakan diperoleh juara-juara lomba untuk masing-masing kategori. Dari hasil rangkaian kegiatan tersebut terpilih juara pertama untuk masing-masing kategori dimana desa tersebut ditetapkan menjadi desa binaan Kabupaten Toba Samosir tahun 2017 yang diperlombakan untuk tingkat Propinsi Sumatera Utara. Disebutkan ada 6 Desa yang ikut diperlombakan yaitu:

1.Desa Lumban Holbung Kecamatan Uluan sebagai Pelaksana Tertib Administrasi PKK.2.Desa Pardomuan Kecamatan Silaen sebagai Pelaksana Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga(PKDRT).3.Desa Jangga Dolok Kecamatan Lumban Julu Sebagai Pelaksana Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K PKK)4.Desa Lumban Rau Tengah Kecamatan Nassau sebagai Pelaksana Pemanfaatan Halaman Perkarangan (HATINYA PKK)5.Desa Situa Tua Kecamatan Sigumpar sebagai Pelaksana Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA)6.Desa Pardolok Lumban Lobu Kecamatan Bonatua Lunasi sebagai Pelaksana Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Kelurga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS).

“Kepada bapak/ibu tim Supervisi Desa Binaan Propinsi Sumatera Utara kami berharap untuk dapat memberikan arahan sekaligus pembinaan yang akan kami laksanakan pada desa binaan untuk meningkatkan pengetahuan TP.PKK di Kabupaten Toba Samosir,” kata Ny Iin Ruinah Hulman Sitorus.

Hasil pantauan Tim Supervisi banyak memberikan masukan dan arahan maupun sesi tanya jawab untuk kemajuan semua desa binaan. M.Nirman Subkhan Nasution mengatakan kegiatan berikut yang akan dilaksanakan adalah monitoring.” Kegiatan berikutnya adalah monitoring Desa Binaan untuk melihat secara langsung keaadaan desa tersebut,”katanya kepada Media Center.

Selain Kepala Desa dan para pengurus TP.PKK Desa dan Kabupaten,turut hadir Camat dan sejumlah Kepala Dinas terkait .