Tim Evaluasi IVA Test Provinsi Sumatra Utara Kunjungi Puskesmas Tandang Buhit Balige

Tim Evaluasi IVA Test Provinsi Sumatra Utara Kunjungi Puskesmas Tandang Buhit Balige

Ketua TP.PKK Kabupaten Toba Samosir (Toba) Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian menyambut baik sekaligus mengapresiasi kehadiran Tim Evaluasi IVA Test Provinsi Sumatra Utara di Puskesmas Tandang Buhit Balige,Toba, Jumat (8/11/2019).

Ny.Brenda mengucapkan terima kasih atas masukan dan koreksi dari Tim Provinsi atas pelaporan pelaksanaan kegiatan IVA Test di daerah ini.

Tim Provinsi Sumut yang hadir masing-masing Ny.Tedja (Wakil Ketua 1), Ny.Delyana (Ketua Pokja 4), Ny.Sumarni (Anggota Pokja 4),Ny.Misria (Dinkes PropSU) ini telah melihat langsung pelayanan kesehatan Puskemas Tandang Buhit khususnya IVA Test.

IVA test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat, atau dikenal juga dengan sebutan visual inspection with acetic acid (VIA). Artinya, pemeriksaan IVA juga termasuk ke dalam salah satu metode skrining kanker serviks atau leher rahim.

Sebelumnya Kepala Puskesmas Tandang Buhit dr.Freddi Sibarani melaporkan kegiatan yang sudah dilaksanakan pihaknya.

Salah satu anggota tim Ny.Delyana mengatakan setelah meninjau dan melihat laporan Puskesmas Tandang Buhit ,tujuannya supaya ada perbaikan menuju kebaikan.

Terutama bagaimana proses pelaksanaan IVA Test di tingkat Posyandu.Selanjutnya perlu ada pemetaannya untuk jangka panjang.

Itulah gunanya evaluasi, untuk adanya perbaikan administrasi ,pelaksanaannya ,kelengkapan Surat Keputusan tim di daerah.

Disebutkan juga pelayanan sudah terlatih, bagus. Standar pelayanan Puskesmas harus memiliki dokter dan bidan terlatih.

Disebutkan capaian pelaksanaan IVA Test di Puskesmas ini kurun waktu 2015-2019 sudah mencapai 50 % dari jumlah Wanita Usia Subur.Atas adanya upaya dari TP PKK daerah ini membantu pelaksanaan,patut disyukuri.

Sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Puskesmas wajib memiliki dokter dan bidan terlatih dalam hal IVA Test.

Saat ini dari 19 Puskesmas di Toba sudah ada 14 yang memiliki dokter dan bidan terlatih tersebut.

Turut hadir Camat Balige Pantun J.Pardede, mewakili Dinas Kesehatan Toba, Pengurus dan anggota PKK,dan undangan lainnya.(MC Tobasa)