Terbentuknya Asosiasi UMKM di Toba Langkah Maju Perekonomian

Terbentuknya Asosiasi UMKM di Toba Langkah Maju Perekonomian

Bupati Toba Samosir (Toba) diwakili Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus mengatakan dengan resmi dilantiknya pengurus Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) wilayah Kabupaten Toba, merupakan suatu langkah maju menuju perkembangan ekonomi nasional bahkan internasional. Hal ini disampaikan Sekda Audi Murphy pada pelantikan pengurus Asosiasi UMKM Toba di Balige, Kamis (07/11/2019). Sekda Audi berharap pengurus UMKM dapat bersinergi dan menjalin kerjasama.

“Baik kepada Pemkab Toba melalui dinas terkait, pengusaha, perbankan, perusahaan yang ada di Tobasa, juga pihak para sponsor lainnya agar bekerjasama,” sebutnya.

Pengurus asosiasi UMKM Kabupaten Toba periode 2019-2020 dilantik oleh Ketua Asosiasi UMKM Provinsi Sumatra Utara, Ujiana Sianturi. Seterusnya menyerahkan pataka kepada Ketua Asosiasi UMKM Toba yang baru dilantik Marandus Sirait.

Sebelum acara pelantikan dimulai, terlebih dulu dilaksanakan prosesi anggota UMKM Toba dengan membawa produk masing-masing pelaku UMKM, diiringi alunan Gondang Batak (Gondang Bolon) disambut tarian tortor penyambutan yang dibawakan Sanggar Seni Rumah Parsiajaran Tradisional Inang Nauli Basa.

Usai prosesi, acara diawali dengan doa pembukaan yang dibawakan Pdt. Novita Sitohang, Sth, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta penyampaian laporan ketua panitia Rosita Silalahi. Ujiana Sianturi dalam sambutannya mengatakan, agar asosiasi UMKM Toba yang terbentuk dan dilantik, dapat sebagai wadah dan penopang pelaku usaha kecil menengah.

Melihat banyaknya pelaku usaha kecil menengah, asosiasi harus dapat melaksanakan tugasnya yakni membantu meningkatkan potensi UMKM Toba dan wirausaha baru di Toba.

Ketua Asosiasi UMKM Toba Marandus Sirait mengapresiasi dukungan dari Pemkab Toba dan seluruh pihak yang turut berperan. Sehingga pelantikan dapat terlaksana dengan baik. Terkhusus buat PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) dan Pemkab Tobasa. Ketua juga apresiasi kepada beberapa sponsor lainnya yang telah memberikan support dan bantuannya.

“Pelantikan pengurus masih merupakan langkah awal. Harapan dan tantangan ke depan adalah bagaimana asosiasi ini dapat mendorong dan mendukung sehingga produk produk UMKM Tobasa dapat masuk di pasar nasional bahkan internasional. Target capaian ini tidak mudah, tampa dibarengi kerjasama pengurus dan Pemkab Tobasa, melalui instansi terkait dan juga pihak sponsor, seperti PT. TPL, PT. Inalum, Bank Sumut, Pemkab Tobasa, Dinas Sosial, Dinas Perindagkop, Hollywood Cafe, Toba Caldera Geopark, Bukit Gibeon, Jasa Tirta 1, JNE Express Across Nations, BPJS Ketenagakerjaan,” terang Marandus Sirait dalam sambutannya.

Susunan pengurus yang dilantik, Marandus Sirait (Ketua), Ranap Manurung (Sekretaris), Pasu Dame Pardede (Bendahara), disertai pelantikan seluruh kordinator dan pengurus di kecamatan di wilayah Toba.

Turut hadir Ketua Dekranasda Toba Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian, Perwakilan GM Geopark Kaldera Toba, Perwakilan Manager Geosite Kaldera Toba,Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Toba Marsarasi Simanjuntak Kadis Kominfo Toba Lalo Simanjuntak, Perwakilan dari Balai Badan POM Sumut yang ada di Toba, Anggota DPRD Toba Boy Antony Simangunsong, dan undangan lainnya.

Usai pelantikan, berbagai acara hiburan disuguhkan diantaranya Tarian Batak tortor yang dibawakan Sanggar Seni Rumah Parsiajaran Tradisional Inang Nauli Basa yang diasuh oleh Juita Manurung, Sth, penampilan Kreasi Bolang Laguboti dan lucky draw.(MC Tobasa/InfoPublik.id)