AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Siswa SD1 HKBP Balige Mendapat Obat Cacing,Biskuit,Dan Immunisasi Campak

20170811045544
image_pdfimage_print

Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian mengapresiasi pemberian obat cacing, biskuit, dan obat campak kepada murid- murid SD Sw HKBP 1 Balige, Kamis (10/8).

Saat itu Bupati bersama Kepala Dinas Kesehatan dr Frida Sinaga, Kepala Puskesmas Tandang Buhit Balige dr Tihar Hasibuan, dr Chandra Siagian didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Parlinggoman Panjaitan, Kepala Dinas Sosial dr Rajaipan Sinurat dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bonar Butarbutar.

Disana terjadi dialog antara Bupati Darwin Siagian dengan Kepala Sekolah mengenai proses belajar mengajar di sekolah yang dipimpinnya. Beberapa menit kemudian Bupati dan rombongan memasuki ruang kelas 1. “Selamat pagi anak-anak,” sapa Bupati. “Selamat pagi pak,” sahut pelajar kelas 1 serentak.

Lalu Bupati Darwin beranjak menyalami satu persatu siswa/i yang masih polos. Setelah itu Kepala Dinas Kesehatan dr Frida Sinaga memberikan penjelasan dan pemahaman akan pentingnya kesehatan. Karena anak sehat, idealnya jadi anak cerdas.

Di akhir penjelasannya, dr Frida mengajak anak-anak untuk makan obat cacing secara bersama-sama, disusul pembagian obat cacing satu per siswa oleh Bupati Darwin bersama dr Frida Sinaga, dr Tihar Hasibuan, dr Chandra Siagian, dan dr Rajaipan Sinurat, untuk diminum para generasi penerus bangsa tersebut.

Dari ruang kelas 1, Bupati beranjak keruang kelas 2. Disana siswa/i diberikan imunisasi campak oleh dinas kesehatan. Di ruang kelas lainnya, Bupati menyerahkan biskuit sekolah kepada 5 siswa yang menurut pemeriksaan petugas Dinas Kesehatan, berat dan tinggi badan anak dibawah normal.

“Roti ini tiga biji setiap hari, tolong dipantau bu. Ini untuk 30 hari, nanti setelah habis kami akan periksa kembali perkembangannya,” kata Kadis Kesehatan Frida Sinaga.

Terpisah, Kepala Sekolah Pestaria Sianturi mengaku senang, Bupati Darwin dan rombongan datang meninjau dan memberikan obat cacing, imunisasi campak dan biskiut sekolah kepada siswa siswinya.

“Tadi anak didik saya kelas 1 – 6 sudah mendapat obat cacing. Kelas dua diberikan imunisasi campak. Kemudian 5 anak didik saya, menurut hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan, berat dan tinggi badannya dibawah normal diberikan biskuit sekolah untuk 30 hari. Jadi kami senang dengan perhatian Bupati dan jajarannya ini,” katanya.(edu/mctobasa)