SINERGITAS FORKOPIMDA TOBASA DALAM PROGRAM TMMD 2019

SINERGITAS  FORKOPIMDA TOBASA DALAM PROGRAM TMMD 2019

Sibide, MC Tobasa –  Rombongan Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hulman Sitorus bersama Dandim Letkol Rico Siagian, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo,S.I.K., Kasubbag Pembinaan Charles Hutabarat Mewakili Kejari Balige, Warisan Sipayung ,S.H. mewakili ketua PN Balige yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) disambut tokoh adat dan ratusan masyarakat Desa Sibide dan Meranti Barat pada upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  diwilayah Kodim 0210/ TU,  Selasa (16/7/2019) bertempat di Desa Sibide Kecamatan Silaen, Kabupaten Tobasa.

rombongan Forkopimda  menuju tempat berlangsungnya upacara yang diawali dengan pengalungan bunga kepada Wabup Hulman Sitorus , dan penyampaian  ucapan selamat datang dari tokoh adat yang selanjutnya rombongan menuju lokasi upacara diiringi musik  tarian tortor anak-anak.

Tiba dilokasi Wabup Hulman langsung menuju mimbar yang sudah tersedia  sebagai Inspektur Upacara TMMD, dan sebagai komandan Upacara  Kapten (Kav) Suharsono , yang dilanjutkan  pemeriksaan barisan kesiapan peserta Upacara TNI , Polri , Satpol PP, para pelajar, dan penandatangan perjanjian kerjasama antara Pemkab Tobasa dengan Kodim 0210 , kemudian dilanjutkan Dandim   Letkol Rico Siagian melaksanakan penyamatan tanda peserta dan penyerahan alat kerja secara simbolis berupa cangkul , skop, serokan kepada peserta upacara mewakili TNI, Polri dan Satpol PP.

 

dalam sambutanya  Wabup Hulman Sitorus mengatakan  pelaksaanaan pembangunan dapat lebih cepat, efektif berkat Kerjasama Pemkab Tobasa bersama TNI – Polri untuk saling bahu membahu mempercepat pembukaan jalan yang menghubungkan 2 desa yang masih terisolir , miskin, dan terpencil sebagai upaya  bersama mewujudkan kesejahteraan Rakyat melalui peningkatan roda perekonomian.
Wabup Hulman juga mengucapkan Terimakasih  kepada Damdim 0210/TU  atas kesediaanya membantu Pemkab Tobasa membuka pembangunan jalan dan pembuatan gorong -gorong, yang menurut kami sangat sulit dilaksanakan mengingat medan jalan yang cukup sulit.
“pembukaan jalan ini bukan upaya yang mudah apalagi membangun Desa Sibide dan Desa Meranti Barat yang memiliki kondisi topografi sebagai anugrah Tuhan yang maha kuasa,   yang relatif terisolir, harus penuh perhatian dan kasih sebab  Desa Sibide baru tahun 2018 bisa dialiri listrik, dan  ini semua sebagai bukti pemerintah serius  memperhatikan desa terpecil dan relatif jauh dari Ibukota kabupaten, dan juga disampaikan bahwa  kedua desa ini  belum semua dapat dilalui kendaraan roda 4 dan roda 2 “
 
” dukungan Pemkab Tobasa dalam pelaksanaan TMMD ini berupa usaha bersama mengerakkan potensi Pemerintahan Desa Sibide dan Meranti Barat bersama-sama dengan masyarakat , yang didukung dari OPD terkait berupa penyuluhan KB, kesehatan dan pertanian”.
 
Pemkab Tobasa juga melaksanakan bentuk  kerjasama Pembangunan bersama  TNI , antara lain Program TMMD, Penyuluhan Kesehatan ,Pertanian , Hukum dan gerakan 1 juta Jamban yang pelaksanaanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab TNI melaui TMMD, Kata Wabup Hulman Mengahiri.
Usai upacara Wabup Hulman Sitorus beserta jajaran Forkopimda beserta anggota TNI dan Polri melaksanakan kunjungan Lapangan
kelokasi pelaksanaan TMMD yang lokasinya dari tempat upacara lebih kurang ditempuh 50 menit dengan berkendaraan mobil roda 4 dengan jalan cukup rusak parah dan dilanjutkan 20 menit naik  kendaraan bermotor untuk sampai ke lokasi kegiatan.
Saat dikonfirmasi MC Tobasa  usai kunjungan lapangan terkait pelaksanaan TMMD , Dandim 0210 Letkol Rico Siagian  menjelaskan kegiatan TMMD merupakan program kerja TNI khususnya diwilayah Kodim dimana TNI membuka jalan diwilayah Tobasa khususnya Desa Sibide dan Meranti Barat.
lebih Lanjut Letkol Rico mengatakan Tujuan TMMD membantu Pemkab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara melaksanakan pembangunan pembukaan jalan yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.
 
” kegiatan TMMD adalah berupa pembangunan fisik yaitu  pembukaan jalan sepanjang 7.000 meter, dan pembuatan parik jalan dari tanah juga sepanjang 7.000 meter, pembangunan gorong-gorong sebanyak 7 unik, renovasi beberapa rumah penduduk dan pembangunan Non Fisik berupa penyuluhan Wasbang , PBN dan didukung kegiatan penyuluhan dari teman-teman Polri, dan dukungan OPD terkait dari Pemkab Tobasa, Kata letkol Rico Mengahiri.
Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, S.I.K, ditempat yang sama menjelaskan sangat mengapresiasi Pak Dandim 0210/TU beserta anggotanya untuk mau membuka jalan Desa Sibide menghubungkan ke  Desa Meranti Barat  melalui Program TMMD , dimana desa ini cukup jauh dari perkotaan ,terisolir, dan akses jalanpun sangat memprihatinkan.
 
“Peran Polri dalam Kegiatan TMMD tidak hanya membangun insfrastruktur jalan tetapi Polri berkesempatan bertemu dengan masyarakat didesa yang terisolir , dan Polri akan memberikan motivasi pembangunan SDM kepada masyarakat ,anak dan remaja dan juga penyuluhan untuk tidak terlibat dalam Narkoba, demikian juga penyuluhan dibidang Hukum, kata AKBP Agus mengahiri.
sebelumnya Laporan Panitia yang dibacakan Kapten Jonny Lumbantoruan mengatakan, bahwa  kegiatan TMMD ini dilaksankan dari Tanggal 16 juli – 14 Agustus 2019.
 
Acara ini Turut dihadiri Para Pimpinan OPD , Para Camat Se kabupaten Tobasa, Anggota TNI dari Kodim 0210/TU, Polres Tobasa , Satpol PP, Para Pelajar dan ratusan masyarakat setempat ,( MC Tobasa).