Rumah Kepala Nagari Lumban Nabolon Uluan Raja Paulus SitorusTerbakar

Rumah Kepala Nagari Lumban Nabolon Uluan Raja Paulus SitorusTerbakar

Satu unit rumah bersejarah peninggalan Raja Paulus Sitorus yang dikenal sebagai  Kepala Nagari Lumban Nabolon  yang dihuni cucunya Bangun Sitorus (62) dan Negara Sitorus (54) hangus dialap sijago merah di Dusun III Desa Lumban Nabolon Kecamatan Uluan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (6/7) sekitar pukul 10.15 Wib.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Menurut keterangan Camat Uluan Henry Butarbutar,S.Sos, didampingi Sekdes setempat Beresman Sitorus dan Hendri Sitorus pihak keluarga pemilik rumah , api tiba-tiba saja membesar dan menghanguskan rumah korban.

“Asal api berasal dari membakar sampah oleh penghuni rumah dan tiba-tiba saja melalap bangunan rumah yang terbuat dari papan,”kata Camat Henry Butarbutar. Ia juga menagtakan sudah membuat laporan atas kejadian ini. Dinas Sosial , menurutnya akan sehera turun ke TKP.

Hendry Sitorus juga mengaku tidak ada barang yang dapat diselamatkan oleh warga karena bergitu cepatnya kejadian terjadi.

Sementara kerabat pemilik rumah yang dibantu warga tidak sempat memadamkan api.

Api berhasil dipadamkan sekitar 2 jam , setelah dibantu satu mobil Damkar yang stand by di Porsea dan 3 unit lainnya mobil Damkar milik Pemkab Tobasa dari Balige.. Tamapk di TKP sudah ada police line yang dibuat oleh polisi setempat.

 

Kapolsek Lumban Julu Komando Tarigan dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan kejadian tersebut. Api diduga berasal dari dapur rumah korban. Pada saat kejadian korban berada di rumah, namun harta benda tak sempat diselamatkan.

“Menurut informasi dari masyarakat, pemilik rumah memiliki gangguan jiwa dan masih lajang. Korban diduga menyalakan api di dapur dan tiba-tiba api membesar. Hanya dalam hitungan menit api menghanguskan rumah papan yang sudah mulai lapuk itu,” kata Kapolsek Komando Tarigan. (MC Tobasa jantro/rik)