Ribuan Jemaat Ikuti Oikumene Paskah Toba Samosir di Uluan

Ribuan Jemaat Ikuti Oikumene Paskah Toba Samosir di Uluan

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir memberikan apresiasi kepada masyarakat khususnya kepada TNI/Polri sehingga Pemilu serentak 2019 dapat berjalan aman dan lancar.

“Hasil rapat pleno kemarin terpilih 30 anggota DPRD Toba Samosir terdiri dari 19 orang yang baru dan 11 orang yang lama,” kata Bupati Darwin Siagian dalam sambutannya pada Perayakan Paskah Oikumene Kabupaten Toba Samosir di Gereja HKBP Lumban Nabolon,Kecamatan Uluan, Sabtu (4/5/2019) .

Menurut Bupati Darwin, masyarakat Kabupaten Toba Samosir harus berubah dan dapat memanejemen diri sendiri sehingga kesejahteraan dapat dicapai.

“Mari kita pakai waktu kita dengan efesien , efektif dan jangan hanya mengeluh,santai-santai tapi bekerja keraslah,”katanya.

Sebelumnya ribuan warga mengikuti Ibadah Paskah yang mengusung tema “Kebangkitan Kristus Memampukan Kita Berdiri Teguh dan Terus Melayani Semua” (1 Korintus 15 : 57 – 58) dan sub tema “Dengan bekerja keras dan penuh pengharapan kepada Yesus Kristus yang bangkit, sehingga masyarakat Kabupaten Tobasa dimampukan menyelesaikan tantangan hidup untuk damai dan sejahtera.”

 

Pada saat prosesi yang dilakukan, jemaat Naposobulung menggelar aksi jalan salib atau dikenal juga sebagai Via Dolorosa, untuk menggambarkan penderitaan Yesus kala itu.Menyaksikan prosesi teatrikal jalan salib tersebut,sejunlah warga jemaat ada yang menitikkan air mata dan menangis.

Pastor Ambrosius Nainggolan, OFM Cap dalam khotbahnya menurut 1 Korintus 15 : 57 – 58 menjelaskan kebangkitan Kristus yang menjadi keistimewaan dan kebanggaan bagi umat Kristen .

“Kalau kita mati untuk bangkit dan Yesus Kristus telah menunjukkan jalan untuk itu,”kata Pastor Ambrosius.

Pastor dari Paroki St.Yosef Balige ini juga mengharapkan Kabupaten Toba Samosir dapat menjadi percontohan (pilot proyek) kemajuan masyarakat di sekitar Danau Toba.

“Mari kita saling terbuka, tidak apatis untuk melayani yang satu dengan yang lain sehingga masyarakat dapat sejahtera ” terangnya.

 

Dalam rangkaian acara kata sambutan,Plt. Sekdakab Toba Samosir , Harapan Napitupulu sebagai Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir dan semoga menjadi pujian bagi Tuhan Yesus.

“Semoga dengan perayaan Paskah ini kita dapat berdiri teguh dan tidak goyah melaksanakan tugas pelayanan kita apapun jabatan dan posisi kita ” kata Harapan.

 

Mewakil Forkopimda, Dandim 0210 / TU Letkol Inf. Rico Julyanto mengharapkan dengan Paskah yang merupakan kebangkitan Yesus Kristus membawa kedamaian dan kesejahteraan bagi semua manusia.

” Mari semua masyarakat Toba Samosir ,apapun perbedaan sebelumya yang berkaitan Pileg dan Pilpres bergandengan tangan kembali, tinggalkan perbedaan, hidup damai dan bergandengan tangan dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat” kata Dandim Rico

Sementara Ketua Badan Kerja Sama Anyar Gereja (BKAG) Toba Samosir Pdt. Donda Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan Paskah adalah sukacita, kematian adalah hal yang biasa tapi kebangkitan adalah hal yang luar biasa.

Oleh sebab itu BKAG Toba Samosir mengharapkan seluruh semua komponen untuk bangkit,semangat dan melayani bukan untuk dilayani.

St. Sitorus mewakili pengurus gereja setempat yang juga sebagai Kepala Desa Lumban Nabolon mengucapkan terima kasih atas dipilihnya gerejanya sebagai tempat perayaan Paskah Oikumene Tingkat Kabupaten Toba Samosir 2019.

Ia juga meminta kepada Bupati Toba Samosir untuk membantu perehaban Gereja HKBP Lumban Nabolon, Desa Lumban Nabolon,Kecamatan Uluan.

” Mohon Bapak Bupati Toba Samosir untuk merehab lantai 2 gereja ini berhubung sudah lapuk dan keropos” katanya berharap.(MC Tobasa)