AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Rakor Dewan Pengarah Badan Otorita Pariwisata Danau Toba

bupati di inna
image_pdfimage_print

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Dewan Pengarah Badan Otorita Pariwisata Danau Toba dengan para Bupati Se-Kawasan Danau Toba, instansi terkait ,dan para pelaku usaha di kawasan Pariwisata Danau Toba  di Hotel Inna Parapat, Sabtu (8/7/2017).

Menko Luhut Binsar Pandjaitan hadir bersama staff, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya bersama staff,  Kepala Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT)Arie Prasetyo bersama direktur lainnya,Kepala Bappeda Provsu Irman mewakili Gubsu, SKPD teknis terkait provsu lainnya (Dinas Bina Marga Bina Konstruksi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan Perikanan dan terkait lainnya) PT. Angkasa Pura dan hadir juga investor Tiongkok  Mr.Lee yang langsung meninjau kawasan Danau Toba.

Selain itu turut juga hadir Dewan Pengarah Danau Toba R.E. Nainggolan, Prof. Sukarya Sinulingga, Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian, Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Karo Terkelin Brahmana, dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arif Yahya memimpin rakor di Hotel Inna Parapar, Sabtu (8/7)

Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya memimpin Rakor di Hotel Inna Parapar, Sabtu (8/7)

Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) juga menyatakan melibatkan dukungan Word Bank (Bank Dunia) untuk pengembangan wisata Danau Toba. Atas keseriusan itu, Luhut mengajak seluruh stake holder dan tim untuk bekerja dengan hati, saling mendukung, serta perlunya peran kepala daerah se-kawasan Danau Toba.

“Kita juga melibatkan dukungan World Bank untuk melakukan study banding kelayakan dan juga para investor luar yang berkualitas. Kepala daerah berperan aktif dan bakerjasama dengan pemprovsu yang begitu intens dalam program ini,” kata Luhut  Binsar Pandjaitan.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam rapat itu, memberikan paparan tentang langkah-langkah untuk mewujudkan Danau Toba menjadi destinasi wisata kelas dunia.Ia juga mengajak para kepala daerah Se-Kawasan Danau Toba untuk berjuang.

Bupati sekawasan Danau Toba pada kesempatan tersebut juga berkesempatan melaporkan tentang perkembangan kesiapan daerahnya masing-masing dalam mendukung perwujudan destinasi Pariwisata Danau Toba.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian memaparkan kesiapan Toba Samosir dalam menyediakan lahan untuk BPODT dan memohon dukungan Pemerintah Pusat dalam pembangunan Bandara Sibisa dan infrastruktur lainnya yang semuanya menunjang pembangunan di bidang pariwisata. (mctobasa)