Puskesmas Soposurung Lakukan Program Deteksi Dini Kanker Serviks.

Puskesmas Soposurung Lakukan Program Deteksi Dini Kanker Serviks.

Dalam rangaka melakukan tindaakan pencegahan kanker serviks ( kanker leher rahim) pada kaum ibu, Puskesmas Soposurung mengadakan pemeriksaan IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tes dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita dari serangan kanker rahim karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh.

Test ini dilaksanakan di Puskesmas Soposurung selasa 01 September 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh kaum ibu yang yang ada diseputar wilayah kerja puskesmas Soposurung.

Setiap wanita yang memeriksakan dirinya akan diperiksa oleh dokter yang dan petugas yang  sudah berpengalaman. Sesudah dilakukan pemeriksaan pasien akan diberikan makanan tambahan dan uang pengganti transportasi sebesar Rp. 30.000.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus. Hulman memeberikan motivasi kepada tenaga kesehatan yang bertugas. Hulman juga menghimbau warga agar lebih proaktif untuk memeriksakan kesehatan individu masing-masing. Saat tiba di lokasi Hulman melihat banyak kaum ibu yang  hadir untuk memeriksakan kesehatan mereka.