PT INALUM (Persero) BANGUN 5 UNIT RUMAH KORBAN TANAH LONGSOR HALADO DAN 11 UNIT BEDAH RUMAH DI TOBASA

PT INALUM (Persero) BANGUN 5 UNIT RUMAH KORBAN TANAH LONGSOR  HALADO DAN 11 UNIT BEDAH RUMAH DI TOBASA

Halado , MC Center- Direktur Pelaksana  PT Inalum (Persero) Oggy Achmad Khosasih bersama Bupati Toba Samosir (Tobasa) melakukan Peletakan batu pertama pembangunan 5 unit rumah korban tanah longsor 12 Desember 2018 yang lalu bertempat  di Desa  Halado Kecamatan Pintu Pohan Meranti Kabupaten Tobasa Provinsi Sumut , Kamis  Pagi (15/8/2019).

Oggy Ahmad Kosasih menjelaskan bahwa peletakan batu pertama bantuan rumah kepada ahli waris korban bencana tanah longsor Desember tahun lalu dengan maksud memberikan semangat baru kepada keluarga dan ahli waris korban.

Adapun bantuan rumah tersebut akan dibangun di Dusun III yang berjumlah 5 unit yaitu 4 unit untuk korban/ahli waris yang rumahnya  ambruk akibat longsor dan 1 unit untuk keluarga alm. Sutan Marpaung relawan yang telah berjuang hingga berkorban nyawa dalam rangka mencari dan menyelamatkan korban longsor pada saat itu. Harapan kami, dengan bantuan pembangunan rumah ini keluarga korban/ahli waris bisa beraktivitas seperti sediakala.

“lebih Lanjut Oggy mengatakan kita masih mengingat peristiwa duka dan pilu yang terjadi tanggal 12 Desember 2018 di Dusun Aek Gambir Desa Halado, dimana Bencana besar itu terjadi diluar dugaan dan kuasa manusia”

“Namun kita bukan mengungkit-ungkit duka tersebut, sebaliknya kita  disini untuk memberikan semangat baru kepada keluarga dan ahli waris korban, Sebagai wujud komitmen dan kepedulian Perusahaan untuk menyerahkan bantuan kepada keluarga ahli waris korban berupa rumah layak huni yang pembangunannya dimulai hari ini”

“Dan saat  ini juga akan dilaksanakan serah terima bantuan bedah rumah sebanyak 11 rumah di 11 Desa di  Kabupaten Tobasa yang telah selesai dibangun”

“Selanjutnya kami mengucapkan selamat memasuki rumah baru kepada penerima bantuan yaitu Ramses Hasiholan Butarbutar Desa Simpang Siguragura, Laden Gurning Desa Lumban Gurning Kecamatan Porsea, Samson Manurung Desa Lumban Huala, Tohonan Simangunsong Desa Siantar Utara Kecamatan Parmaksian, Dekker Simangunsong Desa Ambar Halim, Jalisman Panjaitan Desa Pintupohan, Muara Tua D Sinaga Desa Pintu Pohan Dolok , Edison Sitorus Desa Halado, Suarse Desa Meranti Utara, Rudi Simangunsong Desa Meranti Timur, Ambon Marpaung Desa Meranti Tengah Kecamatan Pintu Pohan Meranti

“Berharap Bapak dan Ibu yang rumahnya dibedah dapat meningkatkan produktivitas dan beraktivitas sehari-hari dengan penuh  semangat dan optimis”

Oggy ahmad Kosasih Juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Tobasa Darwin Siagian yang memberikan perhatian  yang luar biasa kepada keluarga dan ahli waris korban bencana Halado mulai sejak peristiwa bencana sampai hari ini, tetap mendapat perhatian.

Selanjutnya Ahmad Kosasih juga menjelaskan tanggung jawab PT Inalum Persero  saat kejadian bencana tanah longsor  telah berupaya maksimal  dengan menggerakkan  tenaga melalui unit tanggap darurat yang siap digerahkan 24 jam dimanapun bencana  di Sumatera Utara terjadi , untuk membantu para korban.

Oggy juga menyampaikan pada saat kejadian ada  satu unit alat berat jenis  buldoser ikut terseret tanah longsor, dan pihak perusahaan juga melaksanakan Tanggung jawab yang  tidak ada batasnya pada saat bencana  terjadi, dimana keluarga korban lebih dari  3 minggu mengungsi di mess Inalum dan dirawat sampai pulih dampak physikolos kejadian,  tidak kaget, dan kesehatan sampai baik, baru diantar pulang sampai  kerumah keluarga masing-masing. Selanjutnya upaya pemulihan berupa pembangunan rumah hari ini direalisasikan.

” selanjutnya dana yang digulirkan  melalui program  Corporate Social Responsibility (CSR ) pembangunan rumah dan bedah rumah Totalnya  sebesar 530 Juta dengan rincian pembangunan 5 unit rumah sekitar 200 jt yang masing-masing satu unit sebesar 40 jt dan untuk bedah rumah  sebanyak 11 unit masing-masing sebesar 30 juta”

” seraya berharap seluruh penghuni rumah  tetap sehat, anak-anak bisa belajar, bisa ikut mengikuti pendidikan  dengan baik, dan murah rezekinya” Kata Direktur Pelaksana Oggy Achmad Kosasih mengahiri.

Keluarga Alm Sutan Marpaung Korban tanah longsor , dengan suara sangat sedih mengucapkan terimakasih kepada Pihak PT Inalum dan Pemkab Tobasa atas bantuan yang telah diberikan, mulai saat kejadian, sampai hari ini tetap mendapat perhatian yang besar, dan semoga Tuhan tetap melindungi dimanapun kita bertempat tinggal.

Bupati Tobasa  Darwin Siagian sangat  mengapresiasi kepedulian PT Inalum (Persero)  untuk membantu masyarakat Desa Halado yang terkena bencana tanah longsor tahun lalu dan juga membantu bedah rumah di 11 Desa di Kabupaten Tobasa , ini bukti pihak perusahaan  melalui program CSRnya  dapat bermamfaat  bagi masyarakat seraya mengajak masyarakat untuk mendukung ,dan berharap semoga Tahun mendatang PT Inalum (Persero)  lebih banyak berbuat lagi untuk kesejahteraan Rakyat Tobasa.

“Mari berbuat kepada saudara kita yang mengalami musibah dan yang belum beruntung secara ekonomi seraya mengajak penerima bantuan untuk tetap bekerja keras , tekun, dan selalu berdoa  kepada Tuhan supaya diberkati dan di Lindungi dimanapun bertempat tinggal, serta memberikan semangat dan motivasi kepada warga yang hadir untuk optimis sebab ajaran Agama kita masing -masing selalu Lebih Baik Memberi dari Pada Menerima” Kata Bupati Darwin mengahiri.

Kades Halado  Rispan Marpaung menyampaikan  bahwa untuk kegiatan  peletakan batu pertama pembangunan rumah  ini  dilaksanakan sebanyak 5 rumah, dimana 4 rumah  akan dibangun di aek Gambir lokasinya 200 m dari lokasi Tanah longsor, kemudian  satu unit rumah ditempat orangtua Alm Sutan Marpaung dan lokasi lahan 4 rumah di aek gambir  belum 100% selesai tetapi dalam waktu dekat sudah bisa dibangun.

“Kades Rispan juga mengucapkan terimaksih kepada  Pemkab Tobasa  dan PT Inalum (Persero) Atas bantuan 11 unit bedah rumah yang tersebar  dibeberapa desa di Tobasa dan salah satunya di Desa Halado , yang saat ini dilaksanakan serah terima kunci kepada penerima selanjutnya atas nama masyarakat dan pemerintahan desa diucapkan terimakasih.

“Target satu  bedah rumah setiap tahun ditiap desa kemungkinan  tidak ada lagi dijumpai rumah kumuh , sehingga Tobasa Hebat tahun 2021 bisa tercapai, dan juga  mengapresiasi kinerja Bupati Tobasa  yang Cukup proaktif  berusaha supaya rakyat Tobasa hidup sejahtera, dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan pembangunan rumah tumbuh dengan ukuran 6×5 m semoga  segera terealisasi, yang artinya bisa pengembangan ketika ekonomi rakyat baik ” Kata Rispan Mengahiri.

Usai peletakan batu pertama Selanjutnya dilaksanakan  peresmian bedah rumah yang ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Tobasa  dan penyerahan kunci secara simbolis dari Direksi Pelaksana PT Inalum (Persero) kepada Bupati Tobasa untuk selanjutnya diserahkan Kepada Penerima bantuan.

Acara ini turut dihadiri  para  Ahli waris Korban Tanah Longsor , Para penerima Bedah Rumah , Para Pejabat  PT Inalum (Persero)  Deputy General Manager PKBL & CSR  Daniel JP Hutauruk, Deputy General Manager Operasional & Sipil  Antony O. Galingging, Deputy General Manager Administrasi Indra Welly Arifin, Asisten to President Director Satyawarman Tarigan,Manager Humas  Hotniasi Silitonga,Manager CSR & PKBL Tober G. Sidabutar, Manager keamanan industri – Nelson Tampubolon  beserta Staf dan  Para Pejabat Pemkab Tobasa antara lain Asisten Ekonomi Pembangunan Jhon Piter Silalahi, Kadis Permukiman dan Tataruang Jhonny Lubis, Kadis Kominfo Lalo H Simanjuntak, Kabag Perekonomian Broztito Sianipar, Kabag Humas Robinson Siagian, Camat Pintu Pohan Meranti Gibson Sinaga dan ratusan warga ikut menyaksikan dengan suasana Hening yang masih terasa duka yang dalam dari seluruh keluarga korban bencana tanah longsor tahun lalu. (MC Tobasa)