JELANG PEMUNGUTAN SUARA ,POLRES TOBASA GELAR SIMULASI PENGAMANAN TPS

JELANG PEMUNGUTAN SUARA ,POLRES TOBASA GELAR SIMULASI PENGAMANAN TPS

Porsea, MC Tobasa- Menjelang Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun  2019, Kepolisian Ressort (Polres) Toba Samosir,  melaksanakan simulasi pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang berlangsung di lapangan upacara Polres Tobasa ,Selasa (9/4/2019).

Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo kepada MC Tobasa mengatakan simulasi kali ini bertujuan  bagaimana cara Polres Tobasa  mengamankan pelaksanaan Pilpres/Pileg 2019, dan Polres Tobasa  siap melaksanakan pengamanan penyelenggaraan Pemilu dengan situasi aman dan kondusif.

“Persiapan Polres Tobasa pada hari pencoplosan ,Rabu (17/4/2019), telah dinyatakan  siap akan menerjunkan personel sebanyak 300 ,ditamba dari BKO Brimob Polda, dan dibantu dari unsur TNI.”

“simulasi ini bertujuan agar personil Polri yang bertugas di TPS lebih memahami tugas -tugas apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan saat pengamanan sesuai dengan aturan KPU yang telah disosialisasikan kepada masyarakat, hal  yang penting adanya  desakan akan larangan keras terhadap money politik dimana uang yang diberikan pemberi dan yang menerima akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Simulasi Pengamanan TPS  berlangsung dengan baik dan disesuaikan fakta di lapangan, sehingga kesiapan  untuk pengamanan pada hari H sudah ada gambaran kepada Polres dalam  pelaksanaan tugas, ” kata AKBP Agus, mengahiri.

Komisioner KPU , Sugar Fernando Sibarani ditempat yang sama mengatakan  Simulasi kali ini  adalah berkat kerjasama Polres  dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba Samosir, dan sangat mengapresiasi   pihak Polres, dan berharap semua stakeholder punya peranan yang sangat  strategis, terkait mengantisipasi potensi  yang mungkin terjadi seperti kerusuhan, atau ada orang yang tidak puas pelaksanaan pemilu telah diantisipasi . Dan menghimbau masyarakat karena prinsipnya pelaksanaan Pilpres dan Pileg telah sesuai aturan seraya mengaja masyarakat untuk berbondong-bondong datang Ke TPS untuk memberikan hak suaranya, dan diingatkan bagi masyarakat yang memilih dan terdaftar dalam DPT harus membawa KTP,atau Surat keterangan atau identitas lain yang diperbolehkan seperti SIM, KK,Pasport dan bagi yang  belum terdaftar dalam DPT,diminta masyarakat harus membawa KTP -el dan surat keterangan yang dikeluarkan oleh dinas Dukcapil Toba Samosir.

Sebagaimana telah diketahui ,saat ini tahapan pemilu 2019 adalah  tahap kampanye, dan telah dimulai  tanggal 23 Maret – 13 April 2019 kampanye terbuka, dan masa tenang akan dilaksanakan tanggal 14 – 16 April 2019 selanjutnya  tanggal 17 April 2019 hari pencoblosan surat suara di TPS,” Ujarnya mengahiri

Kegiatan simulasi ini dibuka langsung Kapolres Tobasa dihadiri oleh plt sekda Harapan Napitupulu , Ketua Bawaslu Juniat Sitorus, Kasat Satpol PP  Tito Siahaan, mewakili Kajari Balige, Para Danramil se Kab Tobasa,  Waka Polres Kompol A.Siagian, Kabag Ops Kompol J.Butar-butar, Kabag Sumda Kompol C. Napitupulu, Kasat Sabhara AKP Mukson, Kasat Serse AKP N. Sipahutar Para Kapolsek sejajaran Polres Tobasa, Para PJU Polres Tobasa,Para Perwira Polres Tobasa, Personil Polres Tobasa, Tokoh Masyarakat Dari LADN, Tokoh Pemuda. (MC Tobasa)