PLTMH Diresmikan Desa Natolutali Tobasa Kini Terang Benderang

PLTMH Diresmikan Desa Natolutali Tobasa Kini Terang Benderang

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Desa Natolutali, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) diresmikan Wakil Bupati (Wabup) Hulman Sitorus, Jum’at (15/6), menjadikan desa tersebut yang semula gelap gulita kini terang benderang.

Laporan Camat Silaen S.Lumbanraja, Desa Natolutali khususnya Dusun II selama 38 tahun menunggu aliran listrik sebab,selama ini masyarakat berharap dengan adanya aliran listrik kemerdekaan sudah dirasakan warga.

“Rawatlah bantuan pemerintah ini jadikanlah penerangan ini sebagai upaya memajukan desa dan anak-anak di dunia pendidikan,” ujar Camat.

Dia mengatakan, bantuan PLTMH untuk dinikmati warganya adalah atas program pemerintahan Bupati Darwin Siagian dan Wabup Hulman Sitorus untuk menjadikan desa terpencil keluar dari masalah ketertinggalan, khususnya soal penerangan listrik.

“Mudah mudahan atas adanya penerangan listrik ini, kemajuan selalu menyertai warga,” sebutnya diamini Kades Toba Sibarani.

Kadis Koperindag Tobasa, Marsarasi Simanjuntak dalam laporannya menyebutkan bahwa PLTMH di Desa Natolutali sudah selesai dan siap dioperasikan menggunakan dana APBN TA 2017 oleh Kementrian ESDM dan kapasitasnya adalah 34 KW. Terkait perawatan atau teknisi sudah mendapat pelatihan dari kementerian.

“Pengelola PLTMH sudah terbentuk ketua, sekretaris dan bendahara juga operato. Kesepakatan, untuk kepengurusan dan perawatan dipungut biaya Rp50.000/KK,” terangnya.

Hadir juga dalam peresmian itu Sekdakab Tobasa Harapan Napitupulu, Kapolsek Silaen, Danramil Silaen, anggota DPRD Tobasa, Tohonan Siagian; tokoh masyarakat, Robinson Sibarani, Kepala SKPD Kominfo Lalo Hartono Simanjuntak, Kadis Pertanian Sahat Manullang.

Wabup Hulman Sitorus dalam arahannya mengatakan bahwa desa Natolutali sebelumnya adalah salah satu desa dari 61 desa yang belum mendapat penerangan listrik, dan berharap agar mempergunakan keberadaan listrik untuk berinovasi khususnya meningkatkan perekonomian. Di masa kecilnya dulu, desa ini sering dikunjunginya.

“Usahakanlah listrik ini menjadi pendapatan yang baru bukan meninabobokan sehingga terlena, jadilah warga yang memiliki sumber kehidupan yang baru dari aliran listrik ini,” ucap Wabup Hulman Sitorus.(MC Tobasa tt/rik/toeb)