Plt. BUPATI TOBA SAMOSIR HADIRI LOKAKARYA KEBERHASILAN PROGRAM USAID

Beranda / Pendidikan / Plt. BUPATI TOBA SAMOSIR HADIRI LOKAKARYA KEBERHASILAN PROGRAM USAID
Plt. BUPATI TOBA SAMOSIR HADIRI LOKAKARYA KEBERHASILAN PROGRAM USAID

Balige, MCTobasa – Kehadiran Program USAID Prioritas di Kabupaten Tobasa merupakan bagian penting dari kemitraan konfrehensif antara Pemerintah Amerika Serikat dengan Pemerintah Indonesia, dengan jangka waktu selama lima tahun dan didesain serta di danai oleh USAID dengan tujuan membawa pendidikan kelas dunia kepada para siswa di Indonesia termasuk di Kabupaten Tobasa.

Demikian disampaikan Plt. Bupati Toba Samosir (Tobasa) Liberty Pasaribu, SH., M.Si saat membuka secara resmi acara Lokakarya Keberhasilan Program United States Agency For International Development (USAID) Prioritas di Aula Tio Convention Hall, Hotel Sere Nauli Laguboti, Rabu (22/4).

Dalam mendukung Program USAID Prioritas dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Tobasa, Pemerintah Tobasa telah menampung dana pelatihan guru pada APBD Tobasa pada Tahun 2014 dan Tahun 2015, jelas Liberty.

Hal ini lanjut Liberty, merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Tobasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tobasa sesuai misi pada bidang Pendidikan yakni “Meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia”.

Liberty juga memberikan apresiasi rasa percaya diri yang ditunjukkan oleh para siswa saat menampilkan presentasi pembelajaran aktif siswa yang cukup baik dan menghimbau para guru untuk berperan aktif mengimplementasikan pembelajaran aktif yang Contextual Teaching and Learning sesuai dengan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), sehingga akan membawa perubahan warna pendidikan ke arah yang lebih baik.

Staf Khusus Menteri Pendidikan Nasional Ahmad Rizali yang juga hadir pada Lokakarya ini mengapresiasi presentasi yang ditampilkan oleh siswa, guru maupun Kepala Sekolah dalam rangka menciptakan sekolah yang memiliki Manejemen Berbasis Sekolah (MBS).

“Ciptakan sekolah sebagai taman yang aman dan menyenangkan, memiliki pembelajaran yang kontekstual, bermakna, relevan serta melibatkan banyak pihak,“ ajak Rizali.

Ahmad Rizali juga mengucapkan terimakasih kepada Tim USAID Prioritas yang telah menunjukkan keberhasilan melalui penyelenggaraan Lokakarya serta berharap agar program ini dapat berlanjut dan disebarluaskan untuk mendukung program nasional terutama bidang pendidikan.

Pelaksanaan Lokakarya ini juga dihadiri oleh Direktur Program USAID Prioritas Stuart Weston, Kordinator USAID Prioritas Propsu Agus Marwan, Ketua Komisi E DPRD Propsu Efendi Panjaitan, Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI yang diwakili Hadri Pasaribu, Kanwil Kemenag Propsu diwakili Soritua Harahap, Wakil Ketua DPRD Tobasa Asmadi Lubis, Kepala Dinas Pendidikan Prop. Sumatera Utara yang diwakili oleh Rosmawati Nadeak dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tobasa Drs. Lalo H. Simanjuntak. (mctobasa/sesmontb/ft)