Sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi Di Balige

Beranda / Pelayanan Masyarakat / Sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi Di Balige
Sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi Di Balige

Balige, MCTobasa – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir  diminta  untuk selalu hadir dalam upaya menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat, dalam rangka memenuhi target untuk mencapai swasembada pangan tahun 2017 melalui upaya khusus (Upsus).

Hal ini dikatakan Pj. Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen,SH  dalam sambutannya  pada acara sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi di aula UPTD Balai Benih Ikan, di Desa Lumbanpea Kecamatan Balige, pekan lalu.

Menurut Hasiholan, dengan memberi perhatian utama kepada kelompok tani atas berbagai kendala yang dihadapi yang bisa mengakibatkan terjadinya puso atau gagal panen yang akhirnya akan berdampak bagi perekonomian dan persoalan pangan.

Untuk itu perlu adanya asuransi bidang pertanian, karena pelaksanaan Asuransi Pertanian merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani pada pasal 37 ayat (1).

“Yakni Pemerintah dan Pemerintah Daerah, sesuai dengan kewenangannya, berkewajiban melindungi usaha tani yang dilakukan oleh petani dalam bentuk asuransi pertanian,” kata Hasiholan.

Hasiholan lebih lanjutn menyampaikan ucapan terima kasih apresiasi kepada Direktur Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian dan TNI yang telah memilih Kabupaten Toba Samosir sebagai salah satu sasaran sosialisasi ini.

“Semoga dengan hadirnya asuransi usaha tani padi, seluruh petani yang ada di Kabupaten Toba Samosir memiliki perlindungan apabila terjadi gagal panen, sehingga petani akan memiliki modal kerja yang cukup untuk membiayai usaha pertanian pada musim berikutnya,” tegas Silaen.

Pada akhir sambutannya Pj. Bupati Hasiholan Silaen mengimbau peserta sosialisasi secara khusus para penyuluh pertanian agar dengan sungguh-sungguh mengikuti sosialisasi ini, sehingga mampu mengambil peran yang optimal dalam memberi pemahaman tentang asuransi usaha tani kepada para petani yang menjadi sasaran utama kegiatan asuransi.

Turut hadir dalam acara ini, Setdakab. Toba Samosir Drs. Audi Murphy O Sitorus, SH, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Ir.Tua Pangaribuan, Kaban BP4K Ir. TH.Sitorus, Dandim 0210 TU Letkol Inf. Baginta Bangun, Kol.Inf A. Suryo dari Mabes AD, Aster Kodam I Bukit Barisan diwakili Letkol Inf.Rio P. (mctobasa/sesmontb/sar)