Perlindungan Perempuan Di Peringatan Hari Kartini Tingkat Kabupaten Tobasa

Perlindungan Perempuan Di Peringatan Hari Kartini Tingkat Kabupaten Tobasa

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD PPA) memperingati Hari Kartini ke 139 tingkat Kabupaten Tobasa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tobasa, Senin (30/4).

Dalam acara ini disinggung juga soal perlindungan perempuan karena  adanya beberapa kasus pelecehan seksual yang terjadi di daerah ini.

Ketua TP PKK Tobasa Ny Brenda Ritawaty Darwin Siagian br Aruan, menyampaikan, sebagai pahlawan wanita yang mengambil tempat tersendiri di hati kita, dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, Ibu Kartini mampu membawa kaumnya dari diskriminasi demi menepis segala kebodohan.

“Mari kita menjadi kartini jaman sekarang yang bertanggung jawab bagi keluarga lingkungan dan kaum kita serta menjadikan peringatan hari Kartini sebagai pengingat untuk terus meningkatkan upaya melindungi dan menghormati hak-hak kaum perempuan,” katanya .

Sementara itu, Tonny M Simanjuntak, wakil ketua DPRD Tobasa, mengatakan,  sosialisasi antisipasi pelecehan seksual yang marak terjadi di kabupaten itu, disebutkan kiranya dapat direalisasikan dengan kerjasama bersama DPRD setmpat

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, peringatan Hari Kartini memiliki makna penting bagi kaum perempuan. Perjuangan yang dilakukan demi emansipasi, saat ini kaum perempuan dituntut untuk mampu menjadi pahlawan khususnya masalah yang terjadi di kabupaten itu, seperti pelecehan seksual, yang dinilai, bukan terjadi karena tiba tiba.

Selain kasus pelecehan seksual, tantangan HIV AIDS juga menjadi tugas kita, termasuk narkoba. Banyak hal yang bisa kita lakukan, khususnya para ibu Batak, yang gigih berjuang demi keluarga dan generasi ke depan.

“Teruslah berjuang, sebab tantangan ke depan akan semakin besar, di tangan ibu ibulah masa depan keluarga itu”, sebutnya mengajak seluruh ibu ibu untuk tetap memiliki semangat juang dengan hal hal positif dan menjadi contoh.

Peringatan Hati Kartini yang mengangkat thema, dengan peringatan Hari Kartini 2018 semangat Kartini untuk perempuan seluruh Indonesia, ratusan kaum perempuan kabupaten Tobasa dari seluruh kecamatan dan organisasi perempuan yang ada di kabuoaten itu tampak mengikuti acara dengan mengenakan kebaya.

Turut hadir mengikuti acara, Kepala Dinas PMD PPA, Wasir Simanjuntak selaku Ketua Pelaksana, PKK, Dharma Wanita, SKPD, Camat, Kades, siswa siswi SMA Negeri 2 Balige. (MC Tobasa des/rik/toeb)