Peringatan Ke-111 Tahun Wafatnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII

Peringatan Ke-111 Tahun Wafatnya Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bersama Golongan Siraja Batak melakukan upacara peringatan 111 Tahun wafatnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII di Soposurung, Balige , Jum’at (22/6).

Seusai upacara yang dipimpin oleh Inspektur upacara Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, dilanjutkan dengan ziarah ditandai peletakan krans bunga di makam Raja Sisingamangaraja XII dan keluarganya .

Raja Sisingamangaraja XII  gugur dalam peperangan melawan kolonial Belanda di Si Onom Hudon, Humbang Hasundutan, 17 Juni 1907.

Hadir Kapolres Tobasa Elvianus Laoli ,Ketua DPRD Tobasa Boike Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tonny Simanjuntak, Plt.Sekdakab Tobasa Harapan Napitupulu, Ketua TP PKK Tobasa Ny.Brenda Ritawati Darwin Siagian, dan wakilnya  Ny.Iin Ruliah Hulman Siagian.

Serta, sejumlah kepala OPD Tobasa, pejabat struktural  lingkungan Pemkab Tobasa, personil TNI dan Polri,OKP , sejumlah pelajar dan mahasiswa/i Universitas Tapanuli Utara dan unsur masyarakat lainnya.

Acara berikutnya adalah acara adat ritual Golongan Si raja Batak yang dipimpin Amir Marpaung . Mereka memanjatkan doa dan manortor bersama diiringi musik gendang –Gondang Sabangunan Batak.

Amir Marpaung mengatakan tiap tahunnya mereka selalu dipercayakan oleh Pemkab Tobasa untuk ikut memimpin peringatan hari wafatnya Sisingamanga Raja XII.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus mengatakan gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamanga Raja XII merupakan satu perjuangan untuk  kemerdekaan dan budaya Batak khusus nya.

“Oleh sebab itu marilah kita bersama mengucapkan syukur atas perjuangan Pahlawan Nasional kita Sisingamanga Raja XII terkhusus di tanah Batak,” kata Wabup Hulman Sitorus. (MC Tobasa on/rik/toeb)