Perayaan Hari Jadi Ke-19 Tobasa Berjalan Lancar Dan Khidmat

Perayaan Hari Jadi Ke-19 Tobasa Berjalan Lancar Dan Khidmat

Perayaan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Tahun 2018 yang dilaksanakan tiga hari dimulai dari hari Kamis (8/3)-Sabtu (10/3) di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige berjalan lancar dan penuh hikmat. Masyarakat mulai hari pertama hingga ketiga (puncak acara) antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan dan para pedagang yang berjualan disekitar lokasi pun mendapat berkah dari hasil jualannya yang tidak pernah sepi dari pembeli.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-19 Kabupaten Tobasa, Harapan Napitupulu melalui Sekretaris J. Broztito Sianipar mengaku warga masyarakat antusias mengikuti perayaan hari jadi.

“Tidak hanya siang hari, malam juga warga rame mengunjungi stand pameran para OPD dan menonton hiburan dari artis ibukota dan lokal,” kata Broztito di Balige, Senin (12/3).

Dijelaskan di hari pertama Kamis (8/3), perayaan hari jadi ke-19, diawali kegiatan gerak jalan santai massal. Startnya Komplek Kantor Bupati-Lapangan Sisingamangaraja XII Balige.

Pesertanya Bupati, Wabup, Forkopimda, ASN Pemkab Tobasa, pelajar dan masyarakat. Di lapangan, dilaksanakan senam massal, senam lansia, senam germas oleh jajaran Dinkes dan RSU Porsea, sekaligus pembukaan stand pameran pembangunan, layanan medis dan pelayanan publik yang dihadiri Roslinda Marpaung (anggota DPR-RI, Partai Demokrat).

“Ada juga demo masak dan launching rastra oleh Bupati Darwin Siagian dan atraksi polisi cilik,” jelasnya.

Di hari kedua, Jumat (9/3), lanjut Broztito, agenda diawali sidang paripurna DPRD di gedung DPRD, dilanjutkan kebaktian singkat di pendopo rumah dinas Bupati dan TB Silalahi juga hadir mengikuti acara.

Kemudian launching Public Safety Center (PSC) atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu oleh Bupati Darwin, dimana dengan PSC, warga yang membutuhkan layanan hantar mobil ambulance, cukup menelepon 119. Siang harinya dilaksanakan festival drumband tingkat SMP se-Tobasa, memperebutkan piala bergilir Bupati Tobasa yang diikuti 11 SMP se-Kabupaten Tobasa.

Di puncak acara, Sabtu (10/3), masih menurut Broztito, selain kata sambutan dari Sabam Simanjuntak mewakili masyarakat, sambutan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, mewakili Kepala daerah tetangga, sambutan Bupati pertama Tobasa Sahala Tampubolon, anggota DPR RI Nurdin Tampubolon, Bupati Darwin Siagian dan Gubernur Sumatera Utara, dilakukan penampilan tarian 6 puak oleh siswi SMAN 2 – Asrama Yayasan Soposurung Balige, atraksi polisi cilik, atraksi Kungfu Naga Sakti binaan Parade Lee Manurung dan hiburan dari artis ibukota Trio Lamtama dan lokal.

“Malamnya dilakukan juga hiburan oleh artis ibukota, Alex R Hutajulu (Finalis X-Factor) dan Tongam Sirait. Ada juga pengundian lucky draw dan kembang api,” katanya.

Ribuan warga masyarakat yang menyaksikan, mulai siang hingga malam puncak acara terhibur dan penuh sukacita, secara khusus saat defile dari 16 kecamatan berlangsung dan hiburan yang ditampilkan Alex R Hutajulu dan Tongam Sirait terlihat memberikan kepuasan tersendiri bagi warga masyarakat.

Hal ini terlihat dari respon masyarakat yang turut bergoyang ketika lagu permintaan mereka dinyanyikan sang idola.

Pada puncak acara Hari Jadi ke 19 Tobasa hadir Wakil Ketua DPRD Tobasa Asmadi Lubis dan Tonny Simanjuntak, Ketua DPRD Samosir, Staf Khusus Ketua DPD Edison Manurung, Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoly, Dandim 0210 TU, Ketua PN Balige, Paul Marpaung, seluruh pimpinan OPD Pemkab Tobasa, mantan Bupati, mantan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Tobasa, mantan Sekda, para anggota DPRD Tobasa, para Camat, warga masyarakat dari 16 kecamatan dan lainnya. (MC Tobasa edu/rik/Kus)