Perajin Ulos di Bustak Nabirong,Sigumpar Diapresiasi Wabup Toba Samosir

Perajin Ulos di Bustak Nabirong,Sigumpar Diapresiasi Wabup Toba Samosir

Wakil Bupati Toba Samosir (Toba) Hulman Sitorus pada kunjungannya ke Bustak Nabirong, Desa Banua Huta, Kecamatan Sigumpar, Toba,Rabu, (8/5/2019), sangat mengapresiasi para perajin ulos di daerah ini yang telah menghasilkan Ulos Pinunsaan khususnya jenis Tuntuman.

Tampak Wabup Hulman sangat terkesan setelah mengamati dan menyentuh langsung hasil karya para perajin.

“Ini sangat rapi dan lebih halus dari banyak ulos yang saya kenal,”kata Wabup Hulman memuji dengan tulus.

Kemudian Ia berinteraksi dan berbincang dengan para perajin tanpa mengganggu mereka bekerja.

Menurut Boru Siagian sebagai Ketua kelompok perajin setempat, bahwa penghasilan dari masing-masing anggota kelompoknya sudah cukup memadai untuk menutupi kebutuhan sehari-hari apabila pesanan ulos kepada mereka berkesinambungan (sustainable).

“Market, pasar. Ini harus menjadi perhatian oleh Pak Kadis (Perindagkop),” sebut Wabup Hulman dengan sigap merespon makna tutur kata Boru Siagian.

Mendengar hal ini Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Toba,Marsarasi Simanjuntak langsung mengiyakan.

“Benar Pak. Kita sudah memberikan dukungan pasar bagi pengrajin kita ini, Pak. Karena mereka adalah pengrajin binaan kita, maka oleh Dekranasda, sudah menampung hasil karya mereka dengan upah yang bervariasi sesuai jenis dan kehalusan tenunan mereka, Pak.”kata Kadis Marsarasi Simanjuntak menjelaskan yang diamini oleh Assisten III Administrasi Umum Parulian Siregar.

Wabup Hulman mengatakan lebih lanjut bahwa karya-karya seperti ini harus kita lebih dalami, baik dari sisi filsafat, motif, bahan dan peralatan. Karena nilai sebuah karya akan semakin meningkat bilamana kita bisa dan mampu untuk menjelaskannya kepada lingkungan luar secara detail dan dikemas secara menarik.

Dengan penuh semangat Wabup Hulman juga memotivasi para perajin sekaligus mengisyaratkan kepada Kadis Koperindag untuk tetap memberikan dukungan kepada pengrajin.

Turut dalam kunjungan Camat Sigumpar Jaga Situmorang didampingi beberapa orang unsur perangkat Desa Banua Huta.(MC Tobasa/humas)