Pentas Seni Budaya Tobasa Di FDT 2017

Beranda / Toba Samosir Dalam Berita / Pentas Seni Budaya Tobasa Di FDT 2017
Pentas Seni Budaya Tobasa Di FDT 2017

Disela-sela kemeriahan Festival Danau Toba 2017 yang dipusatkan Kabupaten Humbang Hasundutan, Jum’at (8/12), Pemkab Toba Samosir (Tobasa) menggelar berbagai even untuk mempromosikan kekayaan wisata dari daerah itu melalui penampilan pentas seni budaya dan sejumlah stand pameran.

Pentas seni budaya itu ditampilkan melalui beberapa grup band seperti Tonase Band, Andilo Band, serta penampilan tor-tor oleh Sanggar Seni Losido Ajibata. Kemudian pertunjukan beladiri oleh Perguruan Kungfu Naga Sakti ( PKNS) Tobasa.

Disamping itu, Pemkab Tobasa juga menampilkan sejumlah objek wisata melalui stand pameran berupa tenun Ulos, Sirat, Tas dan Jas berbahan Ulos, kuliner Khas Batak Toba seperti Naniura, Napinadar, dan hasil bumi Toba Samosir seperti jagung, ubi dan masih banyak hasil bumi lainnya.

Sebagaimana diungkapkan Wakil Bupati Toba Samosir melalui MC, ada sejumlah objek wisata andalan yang ada di Toba Samosir. Di antaranya Pantai Pasir Putih Lumban Bulbul Sibolahotang, Pantai Tambunan, Pantai Pasifik Porsea, Air Terjun Situmurun, Desa Adat Meat dan berbagai objek wisata lainnya.

Selain itu, berbagai hasil kerajinan tangan seperti ulos, sirat, dan hasil pertanian dari kabupaten Toba Samosir yang menambah nilai kunjungan wisata.  “Mari berkunjung ke Toba Samosir, menikmati kekayaan alam”, ajaknya kepada pengunjung.

Para pengunjung tampak antusias menikmati pertunjukan yang diperankan oleh kontingen dari Kabupaten Toba Samosir. Bahkan Wakil Bupati Toba Samosir Ir. Hulman Sitorus beserta Ny Iin Hulman Sitorus, Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Tobasa dan beberapa pejabat dari Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Toba, mengaku merasa terhibur dengan pertunjukkan tersebut.

Usai menyajikan berbagai pertunjukan, Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur. “Event ini diselenggarakan untuk mempromosikan Danau Toba sekaligus untuk menarik perhatian para wisatawan”, tuturnya.

Disamping itu, Hulman Sitorus juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang telah menyelenggarakan Festival Danau Toba 2017 dengan baik dan Sukses.

“Walau diguyur hujan, acara tetap berjalan dengan baik dan sukses, dan masyarakat sangat antusias untuk menghadiri acara ini,” imbuhnya kembali.

Dijelaskan, pegelaran yang disajikan pada Festival Danau Toba merupakan pegelaran pentas seni budaya terbaik yang ada di Kabupaten Toba Samosir.

Dan setiap kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera juga menyajikan berbagai pentas seni daerah masing-masing, bahkan di lokasi Festifal tersebut juga terlihat Stand pameran dari masing- masing kabupaten yang ada di Propinsi Sumatera Utara.(MC Tobasa am/rik/toeb)