AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Pendidikan dan Kesehatan Prioritas Kunker DPRD Kota Jayapura Ke Tobasa

kunker dprd papua
image_pdfimage_print

Rombongan DPRD Kota Jayapura melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Selasa (5/9), dalam rangka menggali informasi khususnya bidang pendidikan dan kesehatan yang ada di Kabupaten Tobasa.

Rombongan anggota DPRD Kota Jayapura diterima langsung oleh Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, Wabup Ir Hulman Sitorus, wakil ketua DPRD Tobasa Tonny M Simanjuntak, didampingi Staf ahli Lalo Simanjuntak, beserta OPD terkait.

Di antaranya, Kepala Bappeda James Silaban, Kepala UPT Alfred Silalahi, Kepala Diknas Parlinggoman Panjaitan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Thamrin Simanjuntak.

Kunjungan kerja DPRD Kota Jayapura ke kabupaten Tobasa bertujuan menggali informasi khususnya bidang pendidikan dan kesehatan yang ada di Kabupaten ini.

Bupati Darwin menyambut baik dengan perjalanan yang begitu melelahkan dari rombongan DPRD Kota Jayapura sampai ke daerah itu, dengan harapan melalui kunjungan kerja di kabupaten itu ke sekolah-sekolah secara langsung dapat meningkatkan pendidikan dan menjadi unggulan.

“Kami menghargai kunjungan DPRD Kota Jayapura, melalui perjalanan yang begitu melelahkan hingga sampai di Kabupaten Tobasa. Besok direncanakan akan berkunjung ke sekolah-sekolah yang ada di daerah ini, harapan melalui kunjungan ini akan berdampak bagi peningkatan mutu pendidikan ke depan,” kata Darwin.

Ia menyebutkan bahwa di daerah itu ada 2 sekolah unggulan tingkat SLTA yang didirikan oleh 2 jenderal, yakni SMA Unggul DEL oleh Jend Luhut Binsar Panjaitan dan SMA Negeri 2 dengan Yayasan Soposurung, yang keduanya didirikan oleh Jend TB Silalahi.

Di sekolah unggulan DEL sendiri, ada 30 orang siswa yang berasal dari Papua namun karena sesuatu hal saat ini tinggal 19 orang siswa saja, dimana pada kesempatan kunjungan mereka itu akan menyempatkan waktu untuk mengunjungi Sekolah IT DEL di Kecamatan Laguboti.

Kenan Sipayung, Ketua Komisi D DPRD Kota Jayapura, yang membidangi pendidikan dan kesehatan, pada kesempatan itu menyampaikan tujuan kunjungan mereka agar dapat mentransfer ilmu yang didapat di kabupaten Tobasa demi peningkatan pendidikan di Kota Jayapura.

Pada sesi tanya jawab, Kenan Sipayung yang juga menjabat ketua kerukunan masyarakat Batak Papua itu, mengharapkan untuk kunjungan secara teknis langsung ke sekolah-sekolah yang ada di daerah itu sehingga dapat mengetahui hal-hal yang dibutuhkan terkait pendidikan.

Sebelumnya, Kepala Bappeda memaparkan kondisi umum dan letak geografis kabupaten Tobasa, dilanjutkan paparan bidang pendidikan yang disampaikan Kepala UPT Alfred Silalahi dan Kepala Dinas Pendidikan parlinggoman Panjaitan.

Rombongan DPRD Kota Jayapura dirangkai denga jamuan makan malam di rumah dinas bupati dan kunjungan ke sekolah-sekolah yang ada di daerah itu pada hari ini, Rabu (6/9).

Dari 15 orang rombongan DPRD Kota Jayapura yang datang, pada umumnya berdarah Batak dan beberapa orang diantaranya putra Tobasa. (MC Tobasa des/rik/infopublik.id/toeb)