Pemkab Toba Apresiasi Seminar Dekan FMIPA se-Indonesia

Pemkab Toba Apresiasi Seminar Dekan FMIPA se-Indonesia

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Toba) mengapresiasi dan berharap para ilmuwan MIPA memberikan dukungan dalam pembangunan pariwisata Danau Toba.

Hal ini dikatakan Bupati Toba yang diwakili Asisten Administrasi Umum Pemkab Toba Parulian Siregar dalam acara pembukaan Seminar dan Rapat Dekan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Se-Indonesia yang digelar di Hotel Niagara,Parapat, Rabu (9/10/2019).

Setelah mengucapkan selamat datang di Danau Toba, Parulian Siregar mengatakan kawasan Danau Toba saat ini masuk dalam 4 skala super prioritas pembangunan bidang pariwisata.
Sehubungan dengan hal tersebut, sangat diharapkan juga dukungan dari para ilmuwan MIPA terutama melalui sumbangan pemikiran dan ilmu pengetahun guna menata dan mengembangkan pariwisata Danau Toba.

Hal yang sama juga disampaikan Gubernur Sumatra Utara (Sumut) yang diwakili Kepala Badan SDM Dr.Kaiman Turnip.


Dikatakan Kaiman,bahwa Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dalan era teknologi 4.0 ini siap bekerja sama dengan para ilmuwan FMIPA untuk pembangunan daerah ini,misalnya penemuan iptek menetralkan pencemaran air Danau Toba, dan hal lainnya.

Sebelumnya Ketua Pantia Saharman Gea ,PhD menjelaskan maksud dan tujuan seminar yang bertajuk The 1st International MIPAnet Conference in Science and Mathematics (IMC-SciMath 2019). Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 9-11 Oktober 2019 dengan menghadirkan sejumlah Profesor dalam negeri dan luar negeri.

Sebagai tanda ucapan selamat datang kepada perwakilan sekitar 150 peserta dari 54 Universitas , Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar mengalungkan stola Tobasa kepada  Keynote Speaker Prof Ludovic Rifford ( Univ.NCA France), Dr.Kaiman Turnip, Saharman Gea Phd, Wakil Rektor III USU Mahyuddin KM Nasution ,Ph,D, Dekan FMIPA USU Dr.Kerisa Sebayang,Ketua Forum MIPAnet Prof.Edi Tri Baskoro dan lainnya.

Turut hadir menghibur para peserta yaitu Sanggar Tari Inang Nauli, Nadakustic Band ,dan Tobasa Voice pimpinan Patar Silalahi. (MC Tobasa rik)