Pemkab Tobasa Serahkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Bagi Lansia

Tobasa, Pemberian bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi Lanjut Usia bertujuan untuk menggali dan mengembangkan kemampuan usaha prduktivitas kerja para lansia. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus saat menyampaikan arahan pada acara Penyerahan Bantuan Alat-alat Pertanian Bagi Lanjut Usia Produktif Kegiatan Peningkatan Kualitas Pelayanan, sarana dan Prasarana Rehabilitasi Kesejahteraan Bagi PKMS di Sekolah Pendidikan Non formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Toba Samosir Rabu, (9/5).

Sesuai data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tahun 2017, populasi Lanjut Usia semakin meningkat jumlahnya dari waktu ke waktu. Jumlah lansia di kabupaten Tobasa sebanyak 20.792 orang. Kondisi ini akan berimplikasi terhadap pemenuhan hak-hak dasar lanjut usia.

Senada dengan wabup, Kepala Dinas Sosial Tobasa dr. Rajaipan Sinurat megatakan bahwa tujuan dari penyerahan bantuan ini secara khusus mendorong lansia untuk hidup sehat, kreatif, mengekspresikan diri serta mampu untuk memenuhi kebutuhannya sehingga taraf kesejahteraan sosial para lansia dapat meningkat.

Sasaran Pemberian bantuan oleh Pemkab Tobasa melalui Dinas Sosial ini adalah para lansia 60 tahun ke atas. Bantuan juga diberikan kepada lansia kurang mampu tetapi secara fisik dan psikis masih potensial dan kreatif. Tidak hanya itu, bantuan ini juga akan diserahkan kepada lansia yang masih memiliki keinginan dan kemapuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bantuan yang diberikan secara langsung oleh wabup Hulman Sitorus adalah alat-alat pertanian berupa Cangkul, kereta sorong dan alat semprot hama. Di sela-sela kegiatan Wabup Hulman Sitorus juga memberikan bantuan uang kepada salah satu warga PMKS Keluarga Bermasalah Sosial Psikologis atas nama Srina Hutagaol sebesar sepuluh juta rupiah.

Dijelaskan, peserta yang menerima bantuan ini adalah lansia potensial sebanyak 20 orang yang berasal dari kecamatan Bonatua Lunasi dan Lumban Julu. Bantuan ya Seluruh biaya kegiatan ini bersumber dari APBD Dinas Sosial Kabupaten Toba Samosir tahun anggaran 2018, paparnya.

Pemkab Tobasa berharap dengan adanya bantuan ini lanjut usia dapat memanfaatkan bantuan yang telah diserahkan dan dapat mempertanggungjawabkannya sehingga lansia di Toba Samosir semakin produktif dan kreatif serta mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan sosianya.

Turut hadir Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Harapan Napitupulu, Plt. Kepala Dinas Kominfo Tobasa, Lalo Hartono Simanjuntak, Camat Porsea Robet Manurung. (MCTobasa)