AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Pemkab Tobasa Menerima Penghargaan Capaian Standar Tertinggi Dari Kemenkeu

20171101052818
image_pdfimage_print

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang dipimpin Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian dan Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM, mendapat penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia yang diberikan oleh Menteri Keuangan RI.

Penghargaan ini, langsung diterima oleh Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian bersama Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tobasa Drs Thamrin Simanjuntak MSi, yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Dr Ir HT Erry Nuradi MSi, di Hotel Santika Medan, Selasa (31/10).

Acara penyerahan penghargaan ini, disaksikan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Bakhtaruddin, dan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara Dra Vincentia Moli Ambar Wahyu MM Ak, di sela-sela rapat koordinasi pemerintah daerah tahun anggaran 2017.

Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian didampingi Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tobasa Drs Thamrin Simanjuntak MSi, menyebutkan penyerahan penghargaan ini, merupakan tindak lanjuti dari penilaian terhadap daerah yang berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, yang melakukan hasil pemeriksaaan laporan hasil pemeriksaan (LHP).

“Setelah 18 tahun Kabupaten Toba Samosir, ini untuk pertama kalinya Pemerintah Kabupaten, menerima penghargaan capaian standar tertinggi, setelah meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas LHP oleh BKP, untuk tahun anggaran 2016,” sebut Bupati.

Bupati Tobasa mengatakan, guna meraih penghargaan capaian tertinggi ini, perlu kerjasama semua para pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD) Kabupaten Toba Samosir, agar melakukan pembaharuan kinerja, terutama dalam pelaporan pengelolaan keuangan serta aset daerah.

Hal ini dilakukan, agar LHP sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan BPK RI dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Oleh karenanya, kata Bupati, butuh kerja keras dari semua pimpinan organisasi perangkat daerah yang ada di daerah hasil pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara ini , dalam hal pelaporan dan pencatatan aset daerah, agar sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Tobasa Drs Thamrin Simanjuntak MSi, menyebutkan, diraihnya penghargaan capaian tertinggi ini sendiri, karena kuatnya komitmen dari pimpinan daerah, dalam hal ini Bupati Tobasa.

Yaitu, agar setiap pimpinan organisasi perangkat daerah ini, menyampaikan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan mengacu kepala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Butuh komitmen pimpinan daerah untuk meraih penghargaan ini. Oleh karenanya, semua harus dikerahkan untuk meraih prestasi ini. Apalagi, untuk meraih mungkin mudah, akan tetapi yang lebih penting, bagaimana, mempertahankan hal ini.

“Oleh karenanya, dibutuhkan kerjasama yang kuat diantara masing-masing OPD, agar menyampaikan laporan pengelolaan keuangannya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, ” ujar Tamrin Simanjuntak.(mctobasa/infopublik)