PEMKAB TOBASA LAKUKAN SENAM GERMAS UPAYA MENCEGAH PENYAKIT TIDAK MENULAR.

PEMKAB TOBASA LAKUKAN SENAM GERMAS UPAYA MENCEGAH PENYAKIT TIDAK MENULAR.

Balige, MC Tobasa- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba Samosir (Tobasa) melaksanakan Senam  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) berlangsung meriah serta ramai yang juga  dihadiri Bupati Tobasa Darwin Siagian beserta Ny Brenda Ritawati Darwin Siagian , Wakil Bupati Hulman Sitorus beserta Ny. Iin R Hulman Sitorus, Sekdakab Audi Murphy Sitorus, Para Pimpinan OPD, Para Kabag setdakab, Para Camat, Para Pejabat Eselon III, IV beserta staf dijajaran Pemkab Tobasa.

 

Kegiatan ini juga diikuti para peserta atlet Pra Pon XX cabang olahraga Gateball  yang juga berseberangan dengan kegiatan senam Germas  yang dilaksanakan di kompleks Kantor Bupati Tobasa hari Jumat pagi (1/11/2019).

Usai acara , Kepala Dinas Kesehatan Juliwan Hutapea kepada MC Tobasa mengatakan bahwa senam germas memiliki Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas senam, yakni melancarkan peredaran darah, mengendurkan ketegangan saraf, dan menghindari kekakuan otot saat bekerja.

Gerakan senam Germas ini yang berdurasi 30 menit ini terdiri dari latihan pemanasan (aerobik dan peregangan), gerakan inti, latihan keseimbangan, dan latihan pendinginan.

Kurangnya aktivitas fisik dapat mencetus berbagai penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, diabetes kanker dan penyakit lainnya.

Lanjut Kadis Juliwan Hutapea, dengan Rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat terhindar dari penyakit berbahaya misalnya melalui senam GERMAS secara rutin.

Kadis Juliwan menambahkan, sebagai bentuk komitmen dalam mendukung GERMAS serta menginsipirasi dan mendorong para ASN dilingkungan Pemkab Tobasa untuk lebih aktif beraktifitas fisik.

Juliwan juga mengajak ASN untuk  Ayo Tobasa Bergerak, ini adalah sebuah inisiatif untuk mengajak ASN Tobasa melawan gaya hidup tidak sehat atau menjaga kesehatan tulang, sendi, otot, dan menjegah penyakit tidak menular,” Pungkas Juliawan Hutapea Menutup (MC Tobasa).