Pemkab Tobasa Laksanakan Program Sekolah Adhi Wiyata

Beranda / Pelayanan Masyarakat / Pemkab Tobasa Laksanakan Program Sekolah Adhi Wiyata
Pemkab Tobasa Laksanakan Program Sekolah Adhi Wiyata

Balige, MCTobasa– Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, melalui Badan Lingkungan Hidup dan Pertambangan dan Dinas Pendidikan, melaksanakan Program Sekolah Adhi Wiyata sebagai upaya memberikan pemahaman yang baik kepada sekolah-sekolah tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

Hal ini diungkapkan oleh Sekda Tobasa Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH., M.Si dalam amanatnya pada saat apel gabungan sekaligus dirangkai dengan penyerahan bantuan dana CSR oleh perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Toba Samosir, bertempat di halaman Kantor Bupati Pemkab Tobasa, Senin (3/8).

Audy Murphy O. Sitorus, yang bertindak sebagai pembina upacara tersebut menegaskan bahwa Program Sekolah Adhi Wiyata adalah program sekolah yang berwawasan lingkungan.

Melalui program ini, diharapkan agar generasi muda secara khusus di lingkungan sekolah dapat mengetahui cara pengelolaan lingkungan yang baik sejak usia dini.

“Untuk mensinergikan kerjasama dalam program Adhi Wiyata di lingkungan pendidikan, Pemkab Tobasa melalui Dinas Pendidikan dan Badan Lingkungan Hidup dan Pertambangan serta pada stakeholder, akan membuat sistem agar program Adhi Wiyata dapat berjalan secara berkesinambungan,” kata Audy Murphy.

Adapun perusahaan yang memberikan bantuan tersebut di antaranya PT. Toba Pulp Lestari, Tbk memberikan 100 unit tong sampah, Bengkel Sehat memberikan 25 unit tong sampah Fiber, SPBU Balige I, SPBU Sangkarnihuta Balige, SPBU Sibarani Nasampulu Laguboti, SPBU Patane III Porsea dan SPBU Sinarsabungan Kec. Bonatua Lunasi menyumbangkan 2.960 buah buku tulis.

Sekdakab Audi Murphy O. Sitorus bersama perwakilan perusahaan menyerahkan secara simbolis bantuan yang bersumber dari CSR tersebut kepada para Kepala Sekolah penerima bantuan.

Dan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas perhatian pihak perusahaan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, melalui Sekretaris Daerah, memberikan Piagam Penghargaan kepada masing-masing perwakilan perusahaan.

Sementara itu Tagor Manik manager PT. Toba Pulp Lestari, Tbk mewakili perusahaan yang menyerahkan bantuan, mengatakan perusahaan yang ada di Kabupaten Toba Samosir mendukung penuh program pemerintah yang mencanangkan sekolah Adhi Wiyata.

“Secara khusus PT. Toba Pulp Lestari,Tbk sebagai salah satu di antaranya membuktikannya dengan menyerahkan tong sampah sebanyak 100 unit untuk mendukung kegiatan tersebut,” ujar Tagor Manik.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Tobasa Drs. Lalo Simanjuntak menjelaskan Program Sekolah Adhi Wiyata yang dicanangkan Pemerintah Indonesia di Kabupaten Toba Samosir telah meraih prestasi dimana pada Tahun 2014, SMA Negeri 2 Balige meraih penghargaan Adhi Wiyata secara Nasional.

Dan tahun ini kita menargetkan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir meraih penghargaan di semua tingkatan sekolah yang ada di Kabupaten Toba Samosir. (mctobasa/sesmontb/sar)