AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Pemkab Tobasa Gelar Paskah Oikumene

image_pdfimage_print

Balige, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melaksanakan paskah bersama dimulai dengan jalan Salib dan diikuti Prosesi oleh Pendeta Gereja yang ada di Kabupaten Tobasa dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tobasa, dengan mengambil rute dari Komplek Tugu DI Panjaitan ke Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, (17/4/2017) jam 16.00 wib.

Thema yang diangkat pada kegiatan paskah oikumene tersebut adalah “Kebangkitan kristus membebaskan kita dari kuasa kematian, (Roma 6:10). Ketua panitia, Drs Arifin Silaen yang juga merupakan Plt Sekdakab Tobasa dalam laporannya mengatakan, tujuan dari perayaan paskah tersebut adalah untuk menghayati kembali dan merefleksikan makna kebangkitan Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

“kegiatan ini merupakan wadah untuk membangun kerjasama antar jemaat dan masyarakat dengan Pemkab Tobasa,” sebutnya.

Dikatakan Arifin, untuk meningkatkan kerukunan dan kerjasama umat kristiani, serta menjalin kerjasama antar lembaga keagamaan Kristen, pemerintah dan masyarakat umum secara terpadu dan berkesinambungan, sebagai sarana mengingatkan masyarakat Tobasa untuk berupaya mengembangkan sikap keteladanan, rela berkorban, menghargai harkat dan martabat manusia sama seperti yang Yesus kerjakan yang mana hal ini sesuai dengan philosophy orang Batak yang selalu mengutamakan budaya ‘Masiamin-aminan songon lampak ni gaol, masitungkol-tungkolan songon suhat dirobean’.

Sementara itu, Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian dalam sambutannya mengatakan, bahwa melalui Tema paskah tahun ini, kita dituntut tidak hanya mewartakan kebangkitannya, tetapi juga menghidupi kebangkitan itu dengan memerangi tindakan kekerasan dan penyakit sosial, serta merendahkan diri di hadapan Allah dan senantiasa konsisten mewujudkan Revolusi Mental.

Bupati Darwin juga menambahkan dengan sub-tema kegiatan tersebut, yakni “Kuasa Kebangkitan Yesus, membangkitkan kita untuk berkarya dan bekerja membangun Kabupaten Tobasa lebih hebat dan sejahtera”.

Diharapkanya kepada masyarakat dan seluruh elemen untuk bersama-sama menciptakan keselarasan dengan pemerintah untuk membangun bona pasogit sehingga terwujud masyarakat Tobasa yang lebih sejahtera.

Pada acara tersebut Bupati Darwin juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat Tobasa yang kurang mampu mewakili dari 16 Kecamatan berupa sebanyak 300 kaleng Susu 800 gr, minyak goreng 2 liter, Gula 2 Kg, 1 kaleng Roti Kaleng, kopi 1 Kg dan Telur 1 lusin.

Acara itu turut dihadiri Wakil Bupati Tobasa, Ir Hulman Sitorus MM, Ketua DPRD yang diwakili Wakil Ketua, Toni Simanjuntak, Dandim 0210 TU, Letkol (Arm) Ezra Nathanael, Kapolres Tobasa yang diwakili Wakapolres, Kompol Joni Sitompul, Ketua PN Balige, Paul Marpaung SH MH, para pimpinan SKPD, dan seluruh Camat serta unsur Forkopimka. (mctobasa).