Pemkab Tobasa Gelar Harmoni Indonesia

Pemkab Tobasa Gelar Harmoni Indonesia

Pemkab Toba Samosir (Tobasa) bersama TNI Polri melaksanakan pagelaran Harmoni Indonesia 2018 dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa, dan menyemarakkan HUT RI ke-73, di halaman Mapolres Tobasa, Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa, Minggu (5/8).

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, dalam sambutannya sekaligus membuka pagelaran, menyampaikan kegiatan baru yang digagasi Presiden RI, bertujuan untuk mengingatkan kembali akan pentingnya merajut kebangsaan dan memperkokoh persatuan Indonesia.

Khususnya dalam menyongsong HUT RI ke-73 dan menyukseskan pelaksanaan pesta olah raga Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Negara Indonesia terbentuk dari adanya keinginan luhur untuk mencapai tujuan bersama yang diikat erat dengan tali persatuan dan kesatuan diatas segala macam perbedaan yang ada dalam komponen bangsa.

“Perbedaan bukan menjadi alasan untuk terpecah belah. Perbedaaan adalah anugrah Tuhan dan akan menjadi indah bila disatukan dengan semangat Bhineka Tunggal Ika,” sebut Bupati Darwin.

Usai pagelaran, Kapolres Tobasa AKBP Elvianus Laoli SIK menanggapi, kegiatan harmoni sebagai upaya pemerintah untuk membangkitkan kecintaan terhadap NKRI. Dengan pagelaran Harmoni Indonesia 2018 ini diharapkan semoga kerukunan dan persatuan kesatuan di antara unsur-unsur kemajemukan bangsa dapat utuh dan harmonis.

“Kegiatan ini untuk membangkitkan kembali semangat kita sebagai  warga NKRI bahwa NKRI adalah harga mati dan tidak bisa ditawar tawar lagi dan tidak boleh kita berfikir akan mengganti negara kita menjadi negara lain. Ini sudah final dan tidak bisa diganti”, ujarnya.

Selain lagu kebangsaan Indonesia Raya, Harmoni Indonesia pada kesempatan itu menyanyikan lagu nasional seperti Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Garuda Pancasila,dan Bagimu Negeri.

Kegiatan yang diikuti oleh Forkopimda, TNI Polri, melibatkan OPD dan camat se kabupaten Tobasa serta siswa siswi tingkat SLTA dan SLTP, juga diwarnai marching band Yayasan Bonapasogit Sejahtera.(MC Tobasa des/rik/toeb)