PEMKAB TOBASA GELAR BIMTEK PILKADES TAHUN 2019

PEMKAB TOBASA GELAR BIMTEK PILKADES TAHUN 2019

Balige, MC Tobasa- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2019 akan dilaksanakan tanggal 5 Desember 2019 yang akan datang membutuhkan persiapan yang matang sehingga tidak menimbulkan masalah.

Hal itu dikatakan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian dalam bimbingan dan arahan pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada BPD (Badan Perwakilan Desa) dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) se Kabupaten Toba Samosir Tahun 2019 yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba Samosir, Rabu (11/9/2019).

Bupati Darwin mengharapkan agar Pilkades yang dilaksanakan di 105 Desa dan 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tobasa berjalan dengan baik dan sukses.

“Bagaimana pilkades serentak tanggal 5 Desember ini tidak ada masalah terutama dari panitia karena tidak trasparan, berpihak, malas, Camat dihubungi susah, panitia tidak mau tau dan berpihak” jelasnya.

Dalam acara itu Bupati Darwin langsung bertanya jawab dengan peserta, terkait dengan pelaksanaan pilkades dan intansi terkait langsung menyelesaikannya. Terlihat kesigapan Bupati Darwin dalam memecahkan masalah secara cepat, tepat dan matang.

Mewakili DPRD Tobasa Wakil Ketua  Tonny Simanjuntak bahwa pilkades 5 Desember 2019 ini minta berjalan dengan baik.

“Kita mengharapkan pilkades ini dapat terlaksana dengan efektif, akuntabel dan efisien sehingga menghasilkan pemimpin yang terbaik” katanya.

Dalam laporannya Ketua Panitia yang juga Kadis PMDP dan PA , Henry Silalahi menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi tentang tahapan pilkades dan pendanaannya, mekanisme penerbitan surat kesehatan dan surat keterangan bebas narkoba, mekanisme penyaluran dan pertanggungjawaban dalam pilkades, pengganti KTP yang hilang, proses legalisir ijazah, mekanisme penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, mekanisme surat keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman.

Dan sebagai narasumber Wakapolres  Tobasa Kompol J Butar-Butar , mewakili Kajari, mewakili Ketua Pengadilan Negeri, Assisten Pemerintahan Umum Harapan Napitupulu, Kadis BPKAD Ganyang Situmorang, Kepala RSU Porsea dr Tihar Hasibuan, Kadis Dukcapil Bonar Butar- Butar, mewakili Kadis Pendidikan Tumpal Panjaitan.

Acara ini turut dihadiri Tim Fasilitas dan Monitoring Pemilihan, Para Camat , Para Kepala Desa, Ketua PPKD, BPD dan Bendahara dari  105 Desa se Kabupaten Tobasa, (MC Tobasa)