Pemkab Toba Tanggap Kekeringan Di Kecamatan Parmaksian.

Pemkab Toba Tanggap Kekeringan Di Kecamatan Parmaksian.

 

Kekeringan yang melanda areal persawahan yang ada di kecamatan Parmaksian membuat Wakil Bupati Toba hulman Sitorus melakukan kunjungan langsung ke lapangan untuk melihat kondisi lahan persawahan masyarakat di desa Lumban Huala Kecamatan Parmaksian jumat (20/03/2020). Hulman didampingi oleh Asisten II Sahat Simanullang,  PLT Kadia Pertanian Jerry Silaen,  camat Parmaksian Paiman Butar-butar dan Onggung Tambunan dari Pihak TPL.

Setibanya di lokasi Wabup Hulman disambut oleh masyarakat dan mobil water tank milik PT Inalum , PT TPL(Toba PulpLestari) dan PT Daka Mega Perkasa yang sedang bekerja untuk mengairi sawah masyarakat yang sudah hampir sebulan terakhir mengalami kekeringan.

Kekeringan ini diakibatkan berkurangnya debit air yang turun dari Hulu dan juga musim kemarau di Kabupaten Toba sudah hampir sebulan lebih.

Hulman berharap masalah kekeringan ini segera dapat diatasi. pemerintah sudah melakukan beberapa upaya termasuk mobil water tank yang mengairi persawahan adalah salah satu upaya upaya pemerintah dalam menangani masalah ini.

” Mari kita sama-sama menjaga kelestarian hutan karena hutan adalah sumber kehidupan. Keberadaan Hutan sangat berpengaruh dengan keberadaan air dibumi ini. Oleh karnanya marikita sama sama menjaganya” kata Hulman.

Kelompok Tani Ganda yang ada didesa Bondar Lintah melakukan upaya pengairan sawah dengan menggunakan pompa air mesin disel. Mesin Pompa tersebut sudah bekerja selama 4 hari terakhir.

Hulman memuji inisiatif Kelompok tani Ganda yang sudah mengambil langkah yang tepat tanpa menunggu pemerintah untuk bertindak.

Hulman juga sempat berpesan kepada sekretaris desa bondar lintah bahwa dana desa dapat digunakan mengatasi masalah kekeringan yang terjadi saat ini.