Pemkab Toba Serahkan Bantuan Benang Kepada Penenun di Kecamatan Silaen.

Pemkab Toba Serahkan Bantuan Benang Kepada Penenun di Kecamatan Silaen.

Sebanyak 2 kelompok penenun sirat yang berkarya di desa Huta Namora, Kecamatan Silaen, menerima bantuan benang tenun yang diserahkan oleh Dinas PERINKOP UKM Kabupaten Toba.

Kelompok Holong yang beranggotakan 30 orang dan kelompok Dosroha yang beranggotakan 41 orang, menerima masing 1 paket benang setiap anggota kelompok.
Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Balai Desa Huta Namora , Senin 07 Desember 2020,

Penyerahanan bantuan ini dilakukan untuk membantu para pelaku industri rumah tangga yang usahanya terganggu oleh wabah Covid-19. Diharapkan dengan bantuan ada yang diserahkan, maka para oengerajin semakin termotivasi dan meningkatkan kualitas dan kreatifitas dari hasil tenunan yang di hasilkan.

Kepala Dinas PERINKOP UKM Kabupaten Toba, Tua Pangaribuan, menghimbau seluruh anggota penenun Dosroha dan Holong senantiasa untuk selalu sehat dan produktif. ” Sehat dan produktif harus sejalan dimasa pandemi saat ini, jikalau kita sehat tetapi tidak produktif, maka sia-sialah kesehatan kita, dan juga sebaliknya. Kita harus senantiasa produktif dan sehat” Ujar Tua Pangaribuan.

Tua juga berharap, dengan ditetapkannya danau Toba sebagai KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) maka para pelaku industri rumah tangga semakin menggeliat dan muncul lagi industri rumah tangga lainnya yang berdaya saing.

Dalam kesempatan tersebut Sedi Lumbanraja, selaku Camat Silaen, mengimbau warga desa Huta Namora yang sudah memiliki hak pilih, untuk hadir di TPS dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak yang akan di helat di Kabupaten Toba pada tanggal 9 desember.

Mewakili penerima, juliana Sitohang, mengucapkan rasa terimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Pemkab Toba, melalui Dinas PERINKOP UKM. Juliana berharap nantinya hasil tenun yabg mereka buat mampu menembus pasar wisata dan diterima oleh wisatawan yang berkunjung.