Pemkab Toba Serahkan Bantuan Barang Hibah Kepada Pelaku Usaha, Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Pemkab Toba Serahkan  Bantuan Barang Hibah Kepada Pelaku Usaha, Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Balige – MC Toba, Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus menyerahkan Bantuan Barang Hibah Kepada Pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Toba, penyerahan dilakukan di  Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (Dinas Perinkop UKM) yang berada pada Jl. AB Silalahi Komplek Perkantoran Simanjalo Balige, Jumat 18/12/2020.

Bantuan yang diserahkan berupa Tenda Kerucut, Meja Lipat dan Kursi Lipat.Bantuan ini  bersumber dari APBD Kabupaten Toba yang dianggarkan pada Dinas Perinkop UKM untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Adapun yang menerima bantuan adalah Ketua Asosiasi UMKM  Toba , Rosita Silalahi yang menerima  10 unit Tenda Kerucut , Meja Lipat sebanyak 20 unit, Kursi Lipat sebanyak 10 set, Ketua HIPMIKIMDO (Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia) Kab. Toba yaitu Silvia Nora Situngkir menerima Tenda Kerucut sebanyak 5 unit, Meja Lipat sebanyak 5 unit dan Kursi Lipat sebanyak 10 set, dan Ketua Yayasan Cahaya Bersama Rakyat yaitu Victor Santoso Simangunsong menerima Tenda Kerucut sebanyak 5 unit, Meja Lipat sebanyak 5 unit dan Kursi Lipat sebanyak 10 set.

Kepala Dinas Perinkop UKM Ir. Tua Pangaribuan menyampaikan bahwa bantuan ini diperuntukkan kepada UMKM.

“kegiatan ini berasal dari APBD Kabupaten Toba, dan ini untuk mendorong UMKM agar sehat produktif dan produktif sehat” terang Tua Pangaribuan.

Dijelaskan juga bahwa bantuan ini hanya diberikan kepada Asosiasi/Organisasi yang sudah berbadan hukum dan diserahkan kepada Ketua Asosiasi.

“Sengaja kita tidak libatkan para anggota mereka semua karena ini masa pandemi Covid -19 biarlah mereka yang saling mengatur diantara teman teman yang tergabung di asosiasi”, terangnya lagi.

Wabup Kabupaten Toba Hulman Sitorus menyampaikan sambutannya,bahwa  bantuan pemerintah ini satu, baik itu dari pusat, daerah ataupun provinsi.

“Bantuan pemerintah ini kita syukuri, apapun bantuan pemerintah ini satu apakah anggaran ini bersumber dari mana yang pasti dari pemerintah, pemerintah itu satu mau itu APBD daerah atau pusat yang pasti mari kita gunakan sebaik baiknya, karena ini bentuk kepedulian dari pemerintah karena kondisi sekarang ini,”kata Hulman.

Hulman juga menjelaskan kegiatan ini merupakan wujud program-program dari Pemkab Toba, semoga kedepan dapat tumbuh dan berkembang dan tentunya dapat berdaya saing.

“Karena itu kita harus memberi support kepada teman teman pelaku UKM, kita jangan kalah dengan daerah daerah lain, wisatawan juga tidak perlu khawatir untuk datang ke Toba ini,” sebut Wabup Hulman Sitorus.

Atas bantuan ini, Ketua Yayasan Cahaya Bersama Rakyat Victor Santoso Simangunsong menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Toba.

“Mudah-mudahan nanti kedepannya kami pelaku UKM ini dan seluruh pelaku UKM serius dalam mengembangkan usaha usaha di Kabupaten Toba ini, kami juga dari Yayasan CBR (Cahaya Bersama Rakyat) ini berupaya bagaimana agar kaum disabilitas ini bisa berkembang untuk membuat usaha, karena mereka ini harus didampingi dan diberi semangat,” ucapnya.

Turut hadir Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar dan Jajaran pegawai Dinas Perinkop UKM. (MC Toba)