Pemkab Toba Apresiasi Program Komite Masyarakat Danau Toba

Pemkab Toba Apresiasi Program Komite Masyarakat Danau Toba

Pemerintah Kabupaten Toba mengapresiasi visi dan misi maupun program-program yang dilaksanakan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT),sebagai salah satu mitra pemerintah dalam membangun daerah terutama di sektor pariwisata.

Demikian benang merah sambutan Pjs.Bupati Toba Harianto Butarbutar yang diwakili Sekda Audi Murphy O.Sitorus dalam acara peresmian kantor Biro Hukum & Advokasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT di Jalan Pematang Siantar, Tambunan ,Balige, Kamis,15 Oktober 2020.

Menurut Sekda Murphy, sebahagian tugas Pemkab Toba ,khususnya mengenai pengembangan pariwisata telah terbantu, sehingga KMDT bermitra dengan pemerintah.

“Pemkab Toba mengapresiasi, selamat dan sukses atas peresmian kantor divisi hukum dan kalau ada hal-hal perlu didiskusikan ,Pemkab siap dan terbuka,” sebut Murphy.

Sebelumnya Divisi Hukum DPP KMDT Surezeki Hutagaol dalam laporannya mengatarkan kantor ini didirikan atas prakarsa Ketua Umum DPP KMDT Edison Manurung , yang bertujuan untuk mendampingi juga meningkatkan kesadaran hukum masyarakat seiring dengan pengembangan pariwisata Danau Toba.

Sementara Ketua Umum DPP KMDT, Edison Manurung dalam sambutannya mengatakan program organisasi yang dipimpinnya itu sejalan dengan program Pak Jokowi (Presiden RI).

Dikatakannya sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan di daerah kawasan Danau Toba selama kurun waktu hampir setahun ini.

Turut memberikan kata sambutan diantaranya Penasehat Irjenpol (Purn) Daniel Pasaribu, Wilson Napitupulu mewakili ketua KMDT Toba , Kajari Toba Samosir Robinson Sitorus, Kapolres Toba Samosir Akala Fikta Jaya, dan Dewan Pakar KMDT Prof.Dr. Robert Sibarani,M.S.

Kemudian Prof.Dr. Robert Sibarani,M.S sebagai Dewan Pakar dan Prof.Dr. Sihol Situngkir menyerahkan buku profil KMDT dan buku berisi sumbangsih pikiran karya para pakar (profesor dan doktor) tentang pariwisata Danau Toba kepada Edison Manurung. Selanjutnya Edison Manurung menyerahkan ke Pemkab Toba,pengurus KMDT Kabupaten Toba dan perwakilan masyarakat.

Selain seremoni peresmian kantor , KMDT juga membagi-bagi sembako bantuan Kapolda Sumatra Utara.
Tampak hadir undagan tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat.

Kemudian setelah istirahat dilanjutkan ke lokasi Pantai Fasifik , Porsea dalam rangkaian acara penanaman pohon,dialog interaktif:Menjadikan Kawasan
Danau Toba sebagai Tempat Wisata yang Sadar Hukum,dan lainnya. (MC Toba)