Pembagian BLTDD Tahap IV Desa Patane  II dan Trial Irigasi Lumban Butarbutar.

Pembagian BLTDD Tahap IV Desa Patane  II dan Trial Irigasi Lumban Butarbutar.

Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus, menghadiri penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap ke IV (empat). Sebanyak 42 Kepala Keluarga penerima bantuan, memperoleh bantuan sebesar Rp. 300.000 setiap KK. Bantuan diserahkan di halaman kantor Kepala Desa Patane II, Jumat 07 Agustus 2020.

James Butarbutar selaku kepala desa Patene II menyampaikan bahwa bantuan ini diserahakan melalui musyawarah desa khusus dengan BPD. Dikurangi jumlah bantuan tahap IV sesuai dengan PERMEDES NO 7 TAHUN 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan No 50/PMK.07/2020.

Wakil Bupati Toba, Hulman Sitorus mengimbau masyarakat agar menggunakan bantuan dana desa untuk membeli bahan bahan makanan, susu dan vitamin agar kebutuhan tetap terpenuhi dan tercukupi.

Selain itu Hulman juga meminta masyarakat agar selalu bekerja dan produktif. ” Jangan kita jadikan pandemi Covid-19 menjadi penghambat untuk bekerja. Kita juga harus mampu bertahan hidup disituasi sekarang ini” Kata Hulman.

Setelah pembagian BLTDD, Wabup Hulman menuju saluran irigasi Lumban Butarbutar dan akan melaksanakan peletakan batu pertama . Setibanya dilokasi, Hulman disambut oleh tukang yang sedang bersiap untuk mengerjakna proyek irigasi dimaksud.

Sesuai dengan laporan kepala desa Patane II, James Butarbutar, saluran irigasi yang dibangun akan mengairi kawasan persawahan seluas 54 Hektar yang dikelola oleh 83 KK masyrakatan Patane II.

Untuk pengerjaannya, proyek ini dikerjalan langsung oleh masyarakat setempat dengan besaran upah yang berbeda-beda. Untuk pekerja diberikan upah sebesar Rp. 100.000/hari dan untuk tukang diberikan upah Rp.120.000/hari.

Seusai acara peletakan batu pertama, Wabup bertemu dengan peternak ikan mas yang ada di dusun Lumban Butarbutar. Di lokasi Hulman berbicang  dengan pengusaha ternak bagaiman prosoes budidaya dan peluang ikan air tawar di kawasan danau Toba.

Pada kesempatan tersebut hadir PLT Kepala Dinas PUPR , Singkat Sitompul,  Camat Porsea, Robert Manurung, Perwakilan Polisi , Perwakilan TNI dan pejabat lainnya.