NATAL OIKUMENE KECAMATAN TAMPAHAN HIKMAD DAN MERIAH, DIHADIRI SEKDAKAB TOBASA

NATAL OIKUMENE KECAMATAN TAMPAHAN HIKMAD DAN MERIAH, DIHADIRI SEKDAKAB TOBASA

Balige, MC Tobasa- Perayaan natal Oikumene Kecamatan Tampahan  dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tobasa  Audi Murphy Sitorus yang dilaksanakan bertempat di Gereja HKBP Tampahan  hari Sabtu sore (7/12/2019) berlangsung dengan  meriah dan hikmat.

Kedatangan Sekdakab Audi Murphy Sitorus disambut  Camat Tampahan Freddy Panjaitan dan para Panitia Natal dan Kepala UPT Dinas Pendidikan,  Puskesmas  dan  para Kepala Sekolah SD, SMP se Kecamatan Tampahan.

Sebagai ungkapan rasa sukacita, Panitia Natal  mengucapkan selamat datang kepada Sekdakab Tobasa Audi Murphy Sitorus  beserta rombongan.

Pada perayaan natal tersebut berlangsung dengan suasana sakral yang dimulai pembacaan Liturgi, Koor PKH,  Vocal Solo dari SD Gurgur, Fragmen SMA N 1 Tampahan, Koor GKPI Tanggabatu, HKBP Tanggabatu, HKBP Tarabunga, Vokal Grub dari SMPN 1 satu Atap, Koor PKK Tangga Batu Barat.

Selanjutnya dilaksanakan  penyalaan lilin oleh Pengkotbah, Sekdakab, Camat Tampahan Freddy Panjaitan, Ketua Panitia Natal, mewakili DPRD, Mewakili UPT, mewakili Kades, mewakili Parhalado HKBP Tampahan, mewakili Parhalado GKPI Tanggabatu, mewakili Khatolik Tarabunga, Kapolsek Balige Danramil 17 Balige, Mantan Camat.

j8

Pdt  Boho Pardede, M.Div, M.Pd.K, M.Sn yang juga Dosen Institut Agama Kristen Negeri Tarutung dalam pesan natalnya mengambil  nats  Yohannes 15:14-15.

Menjelaskan natal oikumene ini adalah natal negara yang mengayomi rakyatnya. dan jemaat yang hadir saat ini berasal dari denominasi gereja “Tetap bersemangat melakukan perayaan natal”.

Tujuan natal Menyongsong dan mengisi hidup dalam menanti kehadiran Tuhan Yesus kedua kalinya.

Lanjut Pdt. Boho bahwa tema natal tahun in “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”(Johannes 15:14-15). Apa Makna persahabatan bagi Kekerabatan Batak ?

Pdt Boho menjelaskan sebenarnya mudah dimengerti makna persahabatn bagi orang Batak  sebab ada hula-hula , dongan tubu, boru dan ale-ale, begitu mudah dimengerti orang Batak, ini semua saling menghormati dan saling mengasihi.

Tuhan Yesus berseru, ” Kalian adalah sahabatku apabila ikut dengan perintahku”.

Bagi orang Batak ada filosofi “Manuk ni pea lange hotek hotek lao marpira, Sirang marale ale lobian matean ina” inilah makna persahabatan versi orang Batak, begitu indahnya persahabatan bagi orang Batak.

Pendeta Boho Pardede mengajak jemaat ” Siapapun itu, latar belakang apaun itu, semua saudara kita, untuk tetap hidup bersahabat”.

Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. Pdt Boho  bertanya kepada jemaat yang hadir, berapa kali kalian senyum setiap hari?.

Sambil mengajak jemaat untuk mau bersahabat kepada siapapun dengan mengajak selalu mudah senyum.

Pdt Boho juga menjelaskan Oikumene, maknanya oikos artinya sehati sepikir dan hidup sebagai sahabat dan bersaudara.

Juga menghimbau kepada para jemaat, supaya  mendukung apa yang dicanangkan pemerintah hendaklah sehati sepikir menyongsong pembangunan destinasi pariwisata.

Tujuannya bagaimana supaya wisatawan  tertarik datang misalnya saat natal oikumene, minimal para perantau asal Tampahan mau pulang kampung, inilah tugas kita.

Anggaplah semua orang sebagai sahabat, siapapun itu dari mana pun itu, pertanyaanya berapa kali kalian buat  senyum, selalulah senyum kepada orang yang datang ketempatmu.

Untuk itu Hiduplah kalian menjadi Sahabat Tuhan Yesus, ungkap Pdt Boho Pardede mengahiri khotbahnya.

Usai Kebaktian Perayaan natal dilanjutkan kata-kata sambutan, Pada kesempatan pertama Sekdakab Tobasa Audi Murphy Sitorus dalam sambutanya mengucapkan selamat natal dan selamat HUT Ke 13 Kecamatan Tampahan.

Kami bangga bertemu dengan para warga masyarakat Tampahan, sambil memperkenalkan rombongan  Sekdakab yang hadir.

Sekdakab Audi Murphy bercerita bahwa Desa Meat, Tarabunga, Lintong nihuta, akan dibangun oleh kementerian menjadi Destinasi Pariwisata.

Ini menjadi perhatian kementerian karena kesuksesan kegiatan 1000 tenda di Desa Meat, festival musik Internasional  di Singgolong dianggap masyarakat Tampahan mendukung kegiatan tersebut.

Kalau sudah Destinasi Pariwisata  sudah bisa memberikan kesejahteraan hidup, mari kita bergandengan tangan seluruh jajaran pemerintah kecamatan, Pemerintah desa dan masyarakat.

“Yakinlah kalu sudah jadi, maka seluruh warga akan mendapatkan pekerjaan dan akhirnya akan hidup sejaktera”.

Sambil mengajak warga untuk memiliki keterampilan, mengajak rajin ,tekun untuk membangun destinasi pariwisata,

Sambil mohon pamit karena berbagai kegiatan yang sama,  sebut Sekdakab Audi Murphy Sitorus mengahiri.

Camat Tampahan Freddy Panjaitan mengatakan bahwa  tahun 2020 banyak pembangunan ke Tampahan, dan  mengajak seluruh warga supaya tanahnya diberikan identitas atau sertifikatnya.

Selanjutnya Kepada warga yang tidak memiliki dokumen kependudukan supaya melapor ke aparat desa, supaya dapat diterbitkan KTP/KK, Akte Kelahiran, Akte Perkawinan. Akhir kata atas nama pemerintah kecamatan menyampaikan selamat hari natal, ujar Camat Freddy Panjaitan mengahiri.

Danramil 17 Balige, Kapten Poltak Pardede,  merasa pengalaman pertama menghadiri natal ini, sebab disini berkumpul dari semua elemen masyarakat dan denominasi hereja, ” saya merasa bangga, dan berharap tetap kita sehati sepikir memajukan Kecamatan Tampahan kedepan, tunjukkan kita sebagai anak Tuhan”, ungkapnya mengahiri.

Sebelumnya Ketua Panitia Natal Oikumene yang juga Kades Lintongnihuta Holong T Simanjuntak  mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran para undangan demikian juga dengan masyarakat.

Natal ini telah sukses kita perbuat dan berjalan dengan lancar.

Mengajak masyarakat untuk mau satu  pikiran dan sehati menyongsong destinasi pembangunan Pariwisata di Kecamatan Tampahan ini.

Juga menghimbau seluruh masyarakat untuk mau  bersahabat dengan siapapun yang datang.

Juga mensyukuri bantuan Bupati Tobasa kepada Desa Lintongnihuta khususnya kepada Lansia , dan mengucapkan selamat natal, Horas, Horas, Horas sambil mengahir.

Dalam acara ini turut memberikan kata sambutan Arifin Simanjuntak (mantan Camat Tampahan), bahwa perayaan natal ini seluruh warga bersemangat dan berharap warga Tampahan memberi perhatian kepada generasi muda supaya jangan terjerumus pada kegiatan yang tidak terpuji, Sebutnya dengan singkat.

Usai perayaan natal dirangkaikan dengan perayaan HUT Ke -13 Kecamatan Tampahan dengan pemotongan kue ulang tahun, dan acara ramah tamah, hiburan natal dan Lucky Draw.

Acara ini turut dihadiri Plt. Kadis Perijinan Sangkap Pasaribu, Kadis Perkim Jhonny Lubis, Kadis PMDP dan PA Henry Silalahi, Kadis Kominfo Lalo H Simanjuntak , Kaban PKAD Ganyang Situmorang, Kabag Sosial Setdakab Tanda Dongoran, (MC Tobasa).