AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

Meriahkan HUT Tobasa Ke 18 Kecamatan Balige Gelar Perlombaan Jalekkat

Pelepasan Lomba Jalekkat
image_pdfimage_print

Balige, Even Balige Jalekkat yang digelar dalam memeriahkan hari Jadi Tobasa ke-18 tahun 2017, Minggu (12/3/2017) berlangsung meriah. Josua Pardede mewakili Desa Longat meraih juara pertama.

Juara kedua diraih Ismail Panjaitan perwakilan Kelurahan Balige III, menyusul Dapot Siahaan dari Desa Sianipar Sihailhail, kemudian Erpan Siahaan dari Desa Hinalang, menyusul Joni Evan Silalahi dari Desa Pagar Batu, selanjutnya Paber Napitupulu dari Sakkar Nihuta.

Turut hadir Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian yang sekaligus melakukan pelepasan start pada peserta lomba. Terlihat pula Kadis Kominfo Tobasa Wilker Siahaan dan Kadis Perhubungan Tobasa Ir. Pargaulan Sianipar yang ikut menyaksikan perlombaan.

Sebelum pelepasan, Camat Balige Pantun Josua Pardede SSos MSi mengatakan, even Jalekkat tersebut terselenggara atas inisiasi kepala desa dan aparatur desa beserta aparatur kelurahan se-Kecamatan Balige, baik dari segi pelaksanaan teknis, juga dalam pembiayaan.

Dijelaskan, Peserta yang ikut sebanyak 70 orang dari desa dan kelurahan se-kecamatan Balige diikuti masing-masing 2 peserta perwakilan setiap desa dan kelurahan.

Sifatnya bentuk festival. Kita harapkan, ke depan even ini akan digelar lebih besar lagi,” kata Pantun.

Sebelumnya, Ketua Panitia Balige Jalekkat Rianto Siagian menjelaskan, even tersebut digelar oleh asosiasi aparatur pemerintah sejajaran kantor camat, desa dan kelurahan se-Kecamatan Balige. Dikatakan, lomba ini menempuh rute sepanjang 1 km mulai dari depan Kantor Polsek Balige hingga Depan BRI Balige dan merupakan pertama kali digelar di Balige.

Dan, peserta yang diperbolehkan ikut usia antara 10 hingga 16 tahun.

“Even ini digelar bukan semata sebagai bentuk perlombaan, tetapi sebagai bentuk karnaval yang melibatkan perwakilan dari setiap desa dan kelurahan di Kecamatan Balige, sehingga semua perwakilan desa dan kelurahan se-Kecamatan Balige turut merasakan even tersebut,” ujarnya. (mctobasa).