MENKO MARITIM : KUKUHKAN 149 SISWA/I BARU SMA UNGGUL DEL SITOLUAMA, DAN MELEPAS 130 ORANG DIANTARANYA 124 ORANG (95,4%) DITERIMA DI PTN FAVORIT TAHUN 2019

MENKO MARITIM : KUKUHKAN 149 SISWA/I  BARU SMA UNGGUL DEL SITOLUAMA, DAN MELEPAS 130 ORANG DIANTARANYA 124 ORANG (95,4%) DITERIMA DI PTN FAVORIT TAHUN 2019

Sitoluama, MC Tobasa- Sebanyak 130 Orang Angkatan V dilepas melanjutkan ke Pendidikan Tinggi dan 149 Orang diterima menjadi siswa baru  angkatan VIII oleh Kepala Sekolah SMA Unggul Del ,yang selanjutnya dikukuhkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan (LBP) yang juga sebagai ketua Dewan Pembina Yayasan Del, Sabtu (14/7/2019) bertempat di Gedung Auditorium SMA Unggul Del Desa Sitoluama Kabupaten Tobasa Provinsi Sumatera Utara.

Saat dikonfirmasi MC Tobasa  Wakil Rektor IT Del bidang Akademik Dr. Arlinta Christy Barus, ST, M.InfoTech terkait dengan apa saja yang disampaikan Menko LBP pada acara pengukuhan SMA Unggul Del angkatan VIII dan Pelepasan Siswa angkatan V menjelaskan bahwa  Menko LBP banyak hal yang disampaikan beliau terkait pesan -pesan kepada anak-anak yang akan melanjutkan ke Pendidikan Tinggi Negeri (PTN) dalam dan Luar negeri,  agar tetap mengingat almamaternya dimanapun berada, juga banyak menyinggung destinasi pariwisata danau Toba yang super Prioritas, bahwa saat ini Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata yang diharapkan pemerintah berkembang pesat, dan juga menghimbau warga Tobasa termasuk siswa SMA Unggul Del ,orang tua serta seluruh masyarakat mendukung upaya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk percepatan pariwisata Toba. Peran Institut Teknologi Del juga secara khusus akan merancang server untuk menangani sistem informasi, website, dan data centre yg dikembangkan untuk lebih menarik wisatawan datang ke Danau Toba.

Dr. Arlinta juga  menjelaskan bahwa Menko LBP sangat berharap, Selain civitas Del dan para orangtua diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan yang saat ini menjadi salah satu masalah besar di kawasan Toba. Dampak sampah secara khusus sampah plastik sangat berbahaya bagi masyarakat Toba  misalnya plastik yg diurai menjadi micro plastik jika dimakan ikan Danau Toba, akan menjadi bencana bagi generasi penerus yang dapat menjadi stunting jika mengkonsumsi ikan – ikan tersebut.
 
Dr. Arlinta juga mengatakan bahwa Pendirian Institut Teknologi (IT) Del dan SMA Unggul merupakan bukti perhatian Pak LBP dan keluarga untuk meningkatkan kualitas SDM bangsa secara khusus di kawasan Tobasa. Tidak hanya sampai menyelesaikan masa studi di IT Del, LBP juga akan mengirimkan 4 orang alumni SMA Unggul Del yang melanjut studinya ke Institut Teknologi Del dan juga alumni IT Del yang berprestasi terbaik (cumlaude) untuk meneruskan studi S2 dan S3 nya ke top universitas kelas dunia, itu komitmen pak LBP yang disampaikan dihadapan para orang tua dan juga para siswa dan undangan lainnya, katanya mengahiri.
 
Bupati Tobasa Darwin Siagian Saat menyampaikan sambutan,  berpesan kepada para Siswa yang dikukuhkan dan yang  dilepas melanjutkan ke Pendidikan tinggi,  agar dalam bekerja harus pakai Hati dan Otak atau pikiran sehingga bisa bermamfaat untuk banyak orang, ini pesan yang selalu ditekankan Pak Menko LBP saat memimpin rapat dimanapun.
Bupati Darwin juga menyampaikan selamat kepada para orangtua, walaupun tanggung jawab masih panjang karena anak-anak ini akan menjadi anak bangsa yang akan bermamfaat untuk banyak orang, dan butuh biaya untuk melanjutkan ke Pendidikan Tinggi.
” Juga memuji peran guru dan orangtua  dimana tahun ini lebih dari 768 orang dari Tobasa diterima dan lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan lebih dari 50 orang diterimah di ITB Bandung, dan juga sekolah kedinasan kata Bupati Darwin Mengahiri.
Kepala Sekolah SMA Unggul Del Sitoluama Justianus HE Matulessy menjelaskan bahwa tujuan acara ini dan  dihadiri para pejabat negara adalah melepas siswa angkatan V dan megukuhkan angkatan VIII menjadi siswa SMA Unggul Del dengan bekal yang sudah diperoleh baik akademik maupun karakter diharapkan siswa tersebut dapat bersaing di perguruan tinggi nanti.
Selanjutnya Kasek Justianus juga menyampaikan siswa SMA Unggul Del diterima di PTN  sebanyak 124 orang atau sekitar 95,4 % antara lain di ITB 43, UB 14, UI 12, ITS 11 , UGM 11, USU 11, UNDIP 7 , UNPAD 3, UNAIR 2, UNSRAT 2,  NUS 1, IPB 1, IT DES 1,  Pertamina 1, STT Jakarta 1, UNS 1, UNSRI 1, UPNV Yogja 1.
 
Wakil Kasek bidang akademik  Paianhot Sitanggang, SPd, M,Si saat dikonfirmasi melalui whatsapp terkait dengan proses seleksi dan penetapan siswa baru unggul Del kepada MC Tobasa menjelaskan Tahapan penerimaan dimulai dari Seleksinya akademik  yang di ikuti 4310  orang calon siswa, Pemeriksaan psikologi, Pemeriksaan kesehatan, dan wawancara akhir, dan selanjutnya diterima sebanya 149 orang saat ini dikukuhkan menjadi Siswa SMA Unggul Del angkatan VIII.
 
Mewakili Orang Tua Dr. Sabam Simatupang, saat memberikan sambutan  mengatakan pada pokoknya rangkaian ucapan terimakasih dari orangtua kepada seluruh pihak yang berperan dalam proses untuk pendidikan anak-anak kami selama 3 tahun, khususnya kepada Bapak Luhut Binsar Panjaitan beserta Ibu Devi Br Simatupang, sehingga akhirnya Anak-anak kami dapat diterima di PTN favorit di dalam dan di Luar Negeri, semuanya membuat kami orangtua makin bangga akan prestasi mereka.
Dr. Sabam juga mengucapkan terimakasih kepada para orangtua siswa terutama kaum ibu , seraya mengundang untuk bangkit berdiri dan mendapat sambutan aplus dari peserta dan tamu yang hadir,  telah mendidik dan memuji peran ibu untuk memotivasi anak-anak untuk mau belajar, dan juga mengajak anak-anak untuk rendah hati dan jangan sombong untuk bisa sukses kelak di kemudian hari.
 
Acara ini turut di hadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Kapolres  Tobasa AKBP Agus Waluyo , S.I.K., Danrem , mewakili Kadis Pendidikan Provinsi Sumut , Alfaret Silalahi , Kadis Pendidikan Tobasa Parlinggoman Panjaitan, Kabid Dikdas Tobasa Tumpal Panjaitan dan lainnya (MC Tobasa)