MENKO LUHUT DUKUNG USULAN BUPATI TOBASA PERBAIKAN JALAN NASIONAL DAN PROPINSI MENDUKUNG PARIWISATA DANAU TOBA

MENKO LUHUT DUKUNG USULAN BUPATI TOBASA PERBAIKAN JALAN NASIONAL DAN PROPINSI MENDUKUNG PARIWISATA DANAU TOBA

Sitoluama, MC Tobasa-Menteri Koordinator Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan , Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil  bersama mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia  Mari Elka Pangestu   pimpin   rapat koordinasi Percepatan  Pengembangan Pariwisata Danau Toba bersama Para Bupati di kawasan Danau Toba Jumat (12/7/2019) bertempat di Kampus IT Del Desa Sitoluama Kecamatan Laguboti – Tobasa Provinsi Sumatera Utara.

 
Menko Luhut langsung menampakkan komitmen Pemerintah dalam membangun Pariwisata di Kawasan Danau Toba dengan memperhatikan dengan serius setiap usulan dari para  Bupati kawasan Danau Toba Yang hadir mengikuti rakor tersebut.
 
Bupati Tobasa Darwin Siagian untuk mendukung Pariwisata tentu dukungan dari Perbaikan  Insfrastruktur Jalan Nasional mulai perbatasan Kabupaten Simalungun  dengan Kabupaten Taput boleh di sebut sudah rusak  parah, dan Jalan Provinsi dari Mulai Simpang Silimpat Sampai Ke Kecamatan Nassau  sudah rusak parah dan jalan penghubung Kabupaten Tobasa Ke Kabupaten Labuhan Batu yang hanya 15 Km sampai sekarang belum ada titik terang untuk perbaikan, ini menjadi perhatian serius demikian juga jalan Desa Meat dan sekitarnya sudah menjadi jalan Provinsi, ini betul-betul menjadi perhatian bersama, untuk mendukung Pariwisata danau Toba.
 
Menanggapi Keluhan Bupati Tobasa, Menko Luhut langsung berjanji akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, Kementrian Perhubungan, Kementrian Pariwisata, dan Gubernur Sumut dan seraya berjanji akan menyelesaikan tugasnya, dan berharap para Bupati di Kawasan Danau Toba juga menyelesaikan Tugasnya.
Kembali  lagi Bupati Darwin mempertanyakan  lambanya pihak BPN Tobasa mensertifikatkan pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Balige By pass, menanggapi itu , Menteri Sofyan A. Djalil langsung  angkat bicara dan memerintahkan stafnya untuk menyelesaikan itu dalam dua minggu harus sudah selesai , dan apabila tidak selesai supaya segera melaporkan langsung kepada menteri, Kata menteri DJalil Kepada Bupati Darwin.
 
Berbagai kendala mempercepat target 1 jt wisata datang ke danau toba tahun 2019 juga banyak dari para Bupati diantaranya dari Bupati Samosir Rapidim Simbolon terkait jalan Lingkar Samosir , Tano Ponggol untuk menghubungkan Kabupaten Dikawasan Danau Toba.

Mendengar kendala dari Kabupaten Samosir , Menko Luhut langsung memberikan solusi bahwa Jalan lingkar Samosir saya jadikan dan kerjakan habis-habisan, tapi harus deal. Kalian para bupati juga harus serius dan mau bekerja sama. Sampaikan program-program terpadu kalian dan harus fokus. Apa yang harus pemerintah bantu dan teman-teman dari Kementerian tolong dicatat semua, dan berjanji akan segera menyelesaikan, dan para Bupati harus selesaikan Tugasnya, dan menegaskan pemerintah tetap hadir didalam pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata tegas Menko Luhut.

 

Jadi gini semua ini di list dan akan dibuat prioritynya apa yang bisa kita selesaikan segera diselesaikan, dan akan dilanjutkan rapat tanggal 18 juli 2019 di Kantor Kemenko kemaritiman di Jakarta , untuk memastikan program prioritas untuk segera dikerjakan Kata Luhut mengahiri.
 
Turut dihadiri para staf ahli Menko Kemaritiman, staf ahli menteri Agraria dan Tata ruang, pejabat Kementerian perhubungan, Pejabat Kementerian PUPR, Para Bupati Dikawasan Danau Toba, Dewan Pengarah Danau Toba RE Nainggolan, Dirut BODT Arief Prasety, para Pimpinan OPD Provinsi, Pimpinan OPD Kabupaten dari kawasan Danau Toba (MC Tobasa).