Manfaatkan Media Center Untuk Tingkatkan SDM Bidang TIK

Beranda / Pelayanan Masyarakat / Manfaatkan Media Center Untuk Tingkatkan SDM Bidang TIK
Manfaatkan Media Center Untuk Tingkatkan SDM Bidang TIK

Balige, Dinas Perhubungan Komunikasi dan  Informatika Kabupaten Toba Samosir sejak Rabu (4/6), melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi seluruh PNS dan non PNS dengan memanfaatkan media center.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Toba Samosir  Ir. Pargaulan Sianipar, melalui Kabid. Kominfo Sesmon TB,  mengatakan, Diklat tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemandirian dan keunggulan sebagai lembaga publik daerah.

Disebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan membentuk keahlian serta keterampilan seluruh pegawai dalam bidang teknologi yang strategis, sehingga mampu mengantisipasi timbulnya kesenjangan keahlian sebagai akibat kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi.

Sesmon TB. Butarbutar mengatakan Media Center yang dikelolanya, akan digunakan semaksimal mungkin dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai fasilitas peningkatan kompetensi kerja bidang keahlian TIK.

Diklat ini dibagi dalam beberapa kelompok belajar, dicantaranya kelompok pemula (beginner), dan kelompok lanjutan (advance) dengan masing-masing kelompok dibagi dalam 7 orang peserta yang seluruhnya berjumlah 30 peserta, dan sebagai narasumbernya adalah Kepala Bidang Kominfo.

“Kegiatan diklat ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab bidang kominfo, selaku bidang teknis pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi,” kata Kabid. Kominfo Sesmon.

Menurutnya, keberadaan Media Center merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi era globalisasi.

Keberhasilan diklat ini tergantung pada partisipasi aktif dari peserta, yang tentunya dapat meningkatkan pengetahuan tentang keahlian bidang TIK.

Sementera itu, salah seorang peserta diklat Vera mengatakan kegiatan ini merupakan program bidang kominfo dalam melakukan peningkatan pengetahuan para pegawai di lingkungan kerja dan juga merupakan inisiatif pribadi dari kepala bidang kominfo tanpa dipungut biaya (gratis). (mctobasa/sesmontb/uli)