LIPI bersama Pemkab Tobasa Gelar Pelatihan Pakan Ikan Terfermentasi

LIPI bersama Pemkab Tobasa Gelar Pelatihan Pakan Ikan Terfermentasi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melaksanakan pelatihan pakan ikan terfermentasi pusat penelitian biologi – LIPI di kawasan Danau Toba, di Jangga Dolok Lumban Julu, Toba Samosir, Rabu (5/9).

Tim pusat penelitian biologi LIPI, Rini Handayani, memaparkan tentang pembudidayaan ikan meliputi pakan serta permasalahan budidaya ikan diantaranya penyakit serta pengaruh lingkungan.

Pakan merupakan aspek penting dalam menentukan kualitas produk perikanan, namun menjadi komponen terbesar dari biaya produksi.

Pakan terfermentasi, lanjutnya, berperan penting dalam meningkatkan penyerapan nutrisi dan konversi pakan, serta mengurangi kandungan mikroorganisme patogen penyebab penyakit sehingga dapat digunakan sebagai pengganti antibiotik.

Sementara untuk meningkatkan tingkat kualitas pembudidayaan ikan namun menekan biaya pakan, solusi alternatif untuj penyediaan pakan berkualitas dan murah adalah melalui pemanfaatan sumber daya lokal menjadi produk ekonomis yang aman, sehat, utuh dan halal menggunakan jasa mikrob dan metabolitnya.

Sehingga dapat diperoleh keuntungan dari peningkatan bobot ikan ideal selama proses pemeliharaan.

Berbagai cara dalam peningkatan penyerapan nutrisi dan konversi pakan, pengurangan mikro-organisme patogen di usus serta komposisi pakan ikan terfermentasi, secara gamblang dipaparkan kepada Gapoktan yang ada di desa Jangga Dolok, Jangga Toruan dan Sibaruang, Kecamatan Lumban Julu yang menjadi peserta pelatihan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab LIPI dalam menjawab permasalahan di tengah masyarakat.

Turut hadir mengikuti acara, Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian, Wakil Bupati Hulman Sitorus, Kadis Pertanian Sahat Manullang SP.,Kadis Lingkungan Hidup Mittar Manurung, dan sejumlah pejabat lainnya. (MC Tobasa des/rik/infopublik.id)