AfrikaansAlbanianArabicBasqueEnglishGeorgianHindiIcelandic

LEMBAGA ADAT DALIHAN NATOLU TOBASA DILANTIK BUPATI

_DSC0137
image_pdfimage_print

Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tentu menjadi mitra pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan adat istiadat dan sosial budaya masyarakat secara terpadu, terarah.
Hal ini dikatakan Bupati Tobasa Darwin Siagian dalam sambutannya sesusai melantik pengurus LADN Tobasa, di aula kantor bupati , Selasa(5/9).

Menurut Bupati Darwin Siagian, agar adat istiadat dan nilai budaya yang kita miliki dapat berkembang mengikuti perubahan sosial budaya dan ekonomi yang sedang berlangsung.terutama nilai-nilai etika moral dan adab yang merupakan inti dari adat-istiadat sebagai tradisi dalam masyarakat agar keberadaannya tetap terjaga dan berkelanjutan.
Pembentukan lembaga adat ini, Lanjutnya, janganlah hanya sekedar mencari kedudukan namun jauh dari situ harus mampu menjadi agen perubahan dengan membuat umpan terobosan seperti bagaimana pelaksanaan adat di acara adat tidak bertele-tele namun singkat sederahana tanpa mengurangi makna ritualnya dan nilai-nilai yang dimilikinya.

“Kedepan lembaga adat ini perlu membuat program-program dan memberikan masukan membantu pemerintah memikirkan pengembangan dan pelestarian adat istiadat, agar generasi muda Batak mengerti dan merasa mencintai dan merasa memiliki budaya sendiri.” Kata Bupati Darwin Siagian.

Ketua LADN Tobasa periode 2017-2022 yang baru dilantik Drs.Vespasianus Panjaitan dalam sambutannya mengatakan program jangka pendek LADN Tobasa akan membentuk dan merekrut LADN di tiap Kecamatan Se-Kabupaten Tobasa ,dimana nantinya akan melibatkan para Camat sebagai partner LADN untuk berkoordinasi agar Ketua LADN tiap Kecamatan nantinya benar-benar mengemban tugasnya.

“Kami juga akan mengadakan seminar untuk menggali potensi -potensi adat, bagaimana kedepan adat kita di Toba Samosir dapat mempersingkat waktu terutama di tiap-tiap pesta adat serta akan menjaga situs-situs adat yang ada di Kabupaten Toba Samosir”,kata Vespa Panjaitan.

Sesuai surat keputusan Bupati Toba Samosir nomor 328 Tahun 2017 tanggal 4 September tentang penetapan dan pengukuhan pengurus Lembaga Adat Dalian Natolu Kabupaten Toba Samosir menetapkan Drs.Vespasianus Panjaitan (sebagai Ketua LADN),Drs.Henry Simangunsong (Sekretaris LADN)dan Drs.Rasman Pardosi (Bendahara LADN) bersama sejumlah pengurus lainnya. Turut hadir perwakilan sejumlah gereja ,MUI Tobasa, para pimpinan OPD , dan Ormas Srikandi Tobasa Hebat. (mctobasa)